Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Kembangkan Kendaraan Listrik, PLN Mulai Produksi 1.000 SPLU

Minggu, 10 September 2017

Ilustrasi (Foto: Int)

JAKARTA-Pemerintah RI tengah mengembangkan program mobil dan motor listrik. Program ini dikembangkan untuk meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan dan menekan penggunaan energi fosil di Indonesia. PT PLN (Persero) pun tengah bersiap untuk menyambut pengembangan program motor dan mobil listrik. Saat ini, PLN telah mulai memproduksi Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) pada sejumlah daerah di Indonesia.

"Saat ini di Jakarta sudah terpasang 545, di Indonesia baru bisa 1.000. Jadi sudah tersebar di seluruh Indonesia," kata Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Barat Haryanto WS di Halaman Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (10/9/2017).

Adanya SPLU ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak industri motor listrik secara nasional. "PLN diminta mengisi motor-motor listrik yang sedang dikembangkan. PLN menjadi pelopor untuk penggunaan motor listrik ini," kata Haryanto.

Selain motor listrik, SPLU ini juga dapat digunakan untuk penambahan daya sepeda listrik. Penggunaan kendaraan listrik ini diharapkan dapat menjadi tren bagi masyarakat seiring pengembangan energi baru dan terbarukan yang tengah dilakukan oleh pemerintah. Apalagi dengan pemerintah menerbitkan Perpres (Peraturan Presiden) pengembangan motor listrik, PLN siapkan infrastruktur untuk mendukung era motor listrik.

Dilansir fokusriau.com dari okezone, melalui SPLU ini, masyarakat nantinya dapat menikmati akses listrik tanpa harus menjadi pelanggan. UMKM dan pedagang kecil pun dapat memanfaatkan SPLU ini hanya dengan menggunakan kode token listrik.

Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan SPLU ini untuk melakukan pengisian daya handphone hingga motor listrik. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus