Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Kembangkan Potensi Perbatasan Siak-Pekanbaru, Cagubri Firdaus Gagas Pekansikawan

Selasa, 29 Mei 2018

Cagubri DR Firdaus MT. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Untuk mengembangkan potensi sebagian kecamatan di Kabupaten Siak, seperti Tualang, Minas dan sebagian wilayah Kerinci Kanan, salah satu dasar pemikiran calon Gubernur Riau nomor urut 3, Firdaus ST MT adalah dengan mengembangkan konsep Pekansikawan. 

"Jika konsep ini berjalan baik dan maksimal, kelak akan dimanfaatkan potensi di beberapa daerah yang masuk dalam Pekansikawan ini. Masih banyak potensi yang dapat digarap, termasuk  untuk meningkatkan PAD di empat kabupaten ini. Mulai dari perdagangan, jasa, pariwisata hingga potensi dari perkebunan," ujar Firdaus dalam sebuah wawancara, akhir pekan lalu. 

Pekanbaru, menurut Firdaus, telah memulai gagasan besar program jangka panjang Pekanbaru-Siak-Kampar dan Pelalawan ini. Di antaranya memindahkan pusat pemerintahan Kota Pekanbaru ke Kecamatan Tenayan, kecamatan yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Siak dan Pelalawan. 

"Inilah tanda keseriusan kita membangun konsep Pekansikawan. Sebab jika pusat pemerintahan Kota Pekanbaru sudah dipindahkan, dalam rentang lima tahun hingga 10 tahun ke depan, wilayah yang ada di kawasan ini akan terkoneksi dengan sangat bagus. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, kawasan ini akan masuk dalam salah Proyek Nasional, di antaranya  membangun jalur perkereta-apian atau terbukanya jalan baru yang semakin memudahkan transportasi antar daerah," sebutnya.

Saat ini, Outer Ringroad di jalur Pekansikawan telah dibangun sepanjang 17 km melalui proyek tahun jamak (multi years). Jalan lingkar luar ini akan menembus Jalan Badak menuju ke Jalan Lintas Timur (luas 700 meter) sekitar sepanjang sepanjang 3,2 Km, Jalan Lintas Timur (700 meter) akses ke batas Kampar masuk ke Pasir Putih sepanjang 4,6 Km. 

Kemudian outer ring road ini akan menyambung dari wilayah Teluk Lembu Ujung ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) sepanjang 5 km dan dari ruas Jalan Okura akan akses ke rencana jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 4,2 Km.

Sedangkan outer ringroad sebelah Barat kota ini, selama ini sudah ada, seperti Jalan Garuda Sakti. Juga akan membangun akses jalan ini yang dibuka mulai dari Jalan Yos Sudarso, Siak II menuju ke arah Pantai Cermin dan masuk ke Jalan Garuda Sakti. 

Firdaus mengatakan, pembangunan outer ring road ini bersinergi dengan tol Pekanbaru-Dumai. Tegasnya, jalan ini merupakan akses dari Lintas Timur, dan diharapkan akan dibangun Jembatan Siak V untuk menghubungkan jalan ini menuju pusat kota. (rilis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus