Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Kemenkominfo Blokir 6.000 Situs Negatif, Gun Gun: Masyarakat Harus Bentengi Diri!

Minggu, 05 November 2017

Kemenkominfo telah memblokir 6.000 situs bermuatan negatif. (Foto:cnnindonesia)

PAINAN-Kementerian Komunikasi dan Informasi mengatakan, sampai sekarang pihaknya telah memblokir sebanyak 6.000 situs bermuatan negatif seperti radikalisme, komunisme dan pornografi.

"Akhir 2016 lalu, kami telah memblokir 800 situs bermuatan negatif dan dilanjutkan tahun ini. Semuanya telah berjumlah 6.000 situs," kata Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Gun Gun Siswadi di Painan, Sumatera Barat, Sabtu (4/11/2017).

Diakui, situs-situs bermuatan negatif masih terus bermunculan, kendati pemblokiran terus dilakukan. Saat ini, sekitar 52 persen penduduk Indonesia sangat "melek internet" dan lebih dari 60 juta orang memiliki telepon cerdas. Sayangnya, menurut dia, masih banyak masyarakat yang sering termakan oleh konten-konten negatif. 

Untuk itu, dia mengajak masyarakat agar bisa membentengi diri sehingga tidak menjadi sasaran dari situs bermuatan negatif. Ia juga meminta, agar masyarakat tak sembarangan menyebarluaskan konten di media sosial. 

Pasalnya, semua orang dapat berurusan dengan aparat penegak hukum jika terbukti melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. "Hati-hati dalam menyebarluaskan konten baik yang dihasilkan sendiri ataupun berasal dari kiriman orang lain, karena jika telah disebarluaskan maka aparatur penegak hukum bisa dengan mudah melacaknya walaupun sudah dihapus," paparnya dikutip fokusriau.com dari cnnindonesia.

Di samping itu, dia juga mengingatkan pentingnya peran aktif orang tua dalam mengawasi anaknya saat menggunakan internet. Pasalnya, saat ini, internet juga seiring dipergunakan oleh anak-anak. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus