Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Kenali Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Yuk Segera Amalkan

Jumat, 22 Februari 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Umat Muslim dianjurkan membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat. Namun masih banyak orang lalai dari amalan yang satu ini, ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yakni membaca surat Al Kahfi. Lantas apa keistimewaan dan keutamaan membaca surat tersebut?

Dikutip dari laman NU Online, pada hari itulah Allah SWT menciptakan Nabi Adam, memasukkannya ke surga dan mengeluarkan dari sana. Kiamat juga diriwayatkan akan terjadi di hari Jumat. Ini sebagaimana riwayat yang terdapat dalam kitab Shahih Muslim.

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baiknya hari di mana sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat nabi Adam as diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat” (H.R. Muslim)

Anjuran untuk membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat karena di dalam surat tersebut juga menjelaskan tentang kiamat, di mana semua makhluk akan dikumpulkan. Membaca Surat Al Kahfi dapat dilakukan di hari Jumat ataupun malam Jumat. Umat muslim yang membaca surat itu akan memperoleh keutamaan sebagai berikut.

1. Dilindungi dari Fitnah Dajjal
Orang yang membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat akan dilindungi dari fitnah Dajjal. Ini terdapat dalam beberapa riwayat berikut:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

“Barang siapa diantara kalian yang mendapatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud).

2. Allah Menyinarinya dengan Cahaya Keindahan
Cahaya ini akan memancar dari dua telapak kaki hingga ke langit dan akan terlihat saat hari pembalasan nanti. Ini sesuai hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri bahwa dari Rasullulah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

3. Diampuni Dosa-dosanya
Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at."

4. Dijauhkan dari Godaan Setan
Setan selalu mengajak manusia untuk tidak taat kepada Allah. Salah satu cara untuk melawan godaan setan adalah dengan membaca Alquran, di antaranya Surat Al Kahfi.

Sebuah hadist oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah, maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. (*)

 
 
 
 

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus