Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Kenali Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Ternyata Bisa Obati Infeksi

Jumat, 21 Februari 2020

Belimbing wuluh. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Belimbing wuluh biasanya dicampur untuk masakan, ternyata punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Setidaknya ada 13 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

Anda bisa menyimak manfaat belimbing wuluh ini untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dikutip dari wikipedia, belimbing wuluh diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar dan Malaysia.

Belimbing wuluh mengandung berbagai zat gizi yang sangat diperlukan tubuh. Di dalam buah belimbing wuluh mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin yang ada di dalam belimbing wuluh di antaranya adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks.

Beberapa kandungan mineral pada belimbing wuluh seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluhjuga mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat. Ada kandungan zat pada belimbing wuluh bersifat astringen.

Manfaat belimbing wuluh bagi tubuh
Mungkin bagi sebagian besar orang, rasa belimbing wuluh tidaklah selezat rasa belimbing. Belimbing wuluh memang memiliki rasa yang asam bahkan sangat asam.

Namun siapa sangka, di balik rasanya yang asam, ternyata ada berbagai manfaat belimbing wuluh yang jarang diketahui banyak orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh bagi tubuh:

1. Meredakan batuk dan pilek
Apabila Anda batuk maka tambahkanlah ekstrak buah belimbing wuluh ke sirup obatbatuk yang hendak Anda minum.

Kandungan di dalam belimbing wuluh bisa meredakan batuk dan pilek yang sedang Anda alami. Selain itu, rasa asam pada belimbing wuluhbisa membuat sirup obat batuk Anda terasa lebih menyegarkan.

2. Meredakan demam dan flu
Cuaca yang tidak mendukung sering kali membuat tubuh mudah terserang demam dan flu. Hal ini akan lebih rentan bila daya tahan tubuh Anda sedang lemah.

Jika Anda terkena demam gunakanlah belimbing wuluh. Manfaat belimbing wuluh bisa digunakan untuk meredakan demam dan flu. Kandungan vitamin C yang melimpah pada belimbing wuluh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Rebuslah buah belimbing wuluh lalu konsumsilah air rebusan belimbing wuluh.

3. Mengatasi alergi
Tidak sedikit orang yang menderita hipersensitivitas atau alergi. Alergi yang dimiliki oleh orang-orang tidaklah sama. Ada yang alergi makanan tertentu, obattertentu, udara atau debu dan lainnya.

Gangguan alergi ini dikarenakan adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu. Bagi Anda yang terindikasi memiliki alergi secara medis maka konsumsilah jus buah belimbing wuluh secara teratur. Ini dapat mengurangi alergi yang Anda miliki.

4. Mengobati infeksi akibat gigitan serangga
Belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk melawan bakteri yang masuk melalui gigitan serangga. Kandungan zat yang terdapat pada batang dan daun belimbing wuluh bersifat antibiotik yang bisa mengatasi infeksi kuman akibat gigitan serangga.

Anda bisa mendapatkan manfaat belimbing wuluh yang satu ini dengan cara menghaluskan daun dan batang dari pohon belimbing wuluh. Setelah halus, campurlah bersama bawang putih hingga menjadi seperti pasta.

5. Mengobati penyakit gondongan
Apakah Anda tahu cara mengobati penyakit gondongan selain dengan menggunakan obat dan blau? Pengobatan penyakit gondongan secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan belimbing wuluh.

Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati penyakit gondongan. Kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh bisa melawan virus gondok. Pilihlah tanaman belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta. Ini bisa mengobati gondongan dan meredakan pembengkakan.

6. Mengatasi penyakit diabetes
Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Manfaat belimbing wuluh juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Kadar gula darah secara berangsur bisa menjadi normal kembali dengan menggunakan belimbing wuluh. Konsumsilah jus buah belimbing wuluhsecara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi dalam belimbing wuluh yang telah direbus.

7. Mengatasi tekanan darah tinggi
Manfaat belimbing wuluh yang lain adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seseorang yang memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg terus menerus maka bisa mengambil manfaat dari belimbing wuluh.

Konsumsilah belimbing wuluh yang telah direbus bersama sisa air rebusan. Anda bisa mengonsumsinya pada pagi hari di saat tubuh telah cukup beristirahat. Lakukanlah secara teratur hingga tekanan darah normal kembali.

8. Mengatasi wasir
Wasir adalah salah satu masalah medis yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Gejala wasir ini bisa diobati secara alami tanpa harus menggunakan obat ambeien. Belimbing wuluh bermanfaat untuk meredakan pembengkakan pada wasir dan rasa nyeri.

9. Menurunkan berat badan
Berat badan merupakan salah satu indikator kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat biasanya memiliki berat badan yang normal atau ideal. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih bahkan obesitas maka Anda bisa menggunakan belimbing wuluh.

Manfaat belimbing wuluh bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Di dalam belimbing wuluh, terdapat kandungan zat antihiperlipidemik. Zat ini bisa mencegah peningkatan berat badan tanpa efek samping.

10. Meredakan nyeri
Jangan terburu-buru mengonsumsi obatuntuk mengatasi nyeri yang dialami. Belimbing wuluh berkhasiat meredakan nyeri tanpa efek samping. Ini dikarenakan kandungan di dalam belimbing wuluh bersifat antiinflamasi dan analgesik.

Ambillah beberapa helai daun belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, Anda oleskan pada bagian yang nyeri atau perih. Lakukan seperti ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

11. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kesehatan tulang biasanya akan berangsur melemah seiring pertambahan usia. Hal ini dikarenakan asupan dan cadangan kalsium yang diperlukan bagi tulang dan gigi hanya sedikit di dalam tubuh.

Anda bisa menggunakan belimbing wuluhuntuk menjaga asupan kalsium bagi tulang dan gigi. Manfaat belimbing wuluh bagi tulang dan gigi seperti suplemen kalsium alami. Kandungan kalsium dan juga fosfor pada belimbing wuluh bisa memadatkan struktur tulang dan gigi.

12. Mengobati jerawat
Belimbing wuluh memiliki manfaat untuk mengobati jerawat. Di dalam belimbing wuluh terdapat asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah Anda.

Haluskanlah buah belimbing wuluh lalu terapkan pada wajah seperti masker dan diamkan sampai mengering.

Lakukan cara ini dan untuk hasil yang optimal, Anda juga sebaiknya mengonsumsi jus buah belimbing wuluh. Selain mengurangi jerawat, belimbing wuluh juga bisa mencerahkan wajah dan memudarkan tanda-tanda penuaan dini.

13. Mengobati penyakit menular seksual
Mungkin Anda tidak pernah menyangka apabila manfaat belimbing wuluh bisa untuk mengobati penyakit menular seksual dan penyakit kelamin lainnya.

Pengobatan penyakit menular seksual dengan belimbing wuluh dilakukan dengan mengeringkan buah dan daunnya di bawah sinar matahari. Daun dan buah yang sudah kering lalu direbus bersama air hingga air menguap.

Selanjutnya air rebusan diminum hingga habis. Konsumsilah air rebusan buah dan daun belimbing wuluh sebanyak dua kali dalam sehari.

Demikian lah 13 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan manusia. (*)

 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus