Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Kenali Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Kesabaran Sampai Cegah Penyakit Jantung

Jumat, 26 April 2019

Ilustrasi tidur siang (Foto:iStock)

PEKANBARU-Manfaat tidur siang bisa didapatkan jika dilakukan dengan tepat dan benar. Mungkin banyak yang berfikir, tidur siang hanya diperuntukkan untuk anak kecil saja. Namun ternyata sekali-kali, orang dewasa juga membutuhkan tidur siang. 

Tidur siang yang dilakukan anak kecil dan orang dewasa pasti memiliki pengaruh dan cara yang berbeda. Jika anak-anak, tidur siang bisa membantu proses pertumbuhan. Sedangkan untuk orang dewasa, tidur siang bisa memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan, meningkatkan suasana hati, hingga meningkatkan performa kerja. 

Untuk orang dewasa tidur siang juga harus dilakukan sesuai anjuran yang baik dan benar. Tidur siang baiknya hanya dilakukan 10-30 menit saja. Kemudian melakukannya sekitar jam 2-3 sore hari. Selain itu, tidur siang yang baik juga ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal tidur anda. 

Tempat tidur yang baik adalah di tempat yang tenang dan gelap dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising. Kemudian setelah tidur siang sebaiknya jangan buru-buru bangun dan beraktivitas lagi. Berikan jeda beberapa menit sampai anda merasa segar kembali dan siap menjalani aktivitas lagi.

Tidur siang yang tidak dilakukan dengan benar, seperti melakukan tidur siang dengan waktu lama, tidur siang setelah makan siang, dan lain sebagainya, akan membuat manfaat tidur siang menjadi sia-sia. Jika tidur siang dilakukan dengan baik dan sewajarnya maka manfaatnya akan kamu dapatkan.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara dan manfaat tidur siang yang baik dan benar untuk kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2019).

1. Meningkatkan Kesabaran
Manfaat tidur siang yang pertama dibuktikan oleh peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, yang melakukan riset pada beberapa orang terkait kesabaran. Orang-orang tersebut diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer.

Hasil penelitian menunjukkan para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik. Berbeda dengan para peserta yang tidak melakukan tidur siang yang hanya mampu bertahan 45 detik saja.

2. Menjadi Lebih Waspada
Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi lebih waspada. Selain menjadi lebih waspada, tidur siang juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.

3. Meningkatkan Mood
Neurotransmitter serotonin bisa mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tidur siang dipercaya dapat memproduksi neurotransmitter serotonin yang bisa menciptakan pandangan yang lebih positif dan membuat perasaan menjadi lebih rileks.

4. Jantung Menjadi Lebih Sehat
Manfaat tidur siang selanjutnya adalah baik untuk jantung karena bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sistem kardiovaskular. Ketika tidur siang, ada dua hormon yaitu hormon adrenalin dan non adrenalin yang membantu menjaga tubuh supaya tetap merangsang denyut jantung.

5. Meningkatkan Kreativitas
Manfaat tidur siang yang tidak terduga berikutnya adalah meningkatkan kreativitas. Dengan meningkatnya fokus, memori dan kewaspadaan, tidur siang juga merangsang kreativitas dan membantu memecahkan masalah yang cukup sulit.

Hal ini hampir wajib dilakukan di negara Jepang dan beberapa negara lainnya yang mulai menyadari bahwa tidur siang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat tidur siang selanjutnya adalah dapat memicu terbentuknya protein antivirus oleh sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikaitkan dengan rendahnya resiko infeksi pada tubuh.

Selain itu manfaat tidur siang juga bisa mengembalikan kadar hormon dan protein yang membantu melawan stres sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mencegah Penyakit Jantung
Menurut studi pada 23.000 orang Yunani dewasa, mereka yang tidur siang memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung lebih kecil, yakni 30 persen, menurut The Washington Post, mengutip dari Huffington Post.

Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute mengatakan, pada The Washington Post, tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan kehidupan sehari-hari.

8. Mengisi Waktu Tidur yang Hilang
Ketika kamu tidak memiliki cukup tidur di malam hari karena begadang mengerjakan tugas atau bekerja atau karena hal lain, tidur siang sangat baik untuk mengembalikan waktu tidur malammu yang tidak sepenuhnya kamu lakukan. Hal ini akan mengembalikan energi dan juga memberikan waktu istirahat yang cukup. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus