Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Kenali Penyakit Kronis Sebagai Ancaman Serius Kematian, Begini Cara Mencegahnya

Sabtu, 17 Agustus 2019

Ilustrasi penanganan penyakit. (Foto:Wikipedia)

PEKANBARU-Penyakit kronis merupakan kondisi kesehatan manusia atau penyakit yang persisten atau efeknya bertahan lama. Istilah kronis sering diterapkan ketika perjalanan penyakit berlangsung selama lebih dari tiga bulan. 

Penyakit kronis adalah penyakit tidak menular yang menyumbang jumlah kematian besar di dunia. Penyakit ini banyak merenggut nyawa manusia. Menurut data WHO tahun 2008, ada 57 juta kematian yang terjadi di dunia pada tahun 2008, sebanyak 36 juta atau hampir dua pertiganya disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular.

Penyakit kronis adalah penyakit yang diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Lebih dari dua pertiga (70 persen) dari populasi global akan meninggal akibat penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Penyakit kronis adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari gaya hidup, penularan, hingga keabnormalan sistem tubuh. Penyakit kronis adalah penyakit yang memerlukan perawatan super intensif yang juga memerlukan biaya besar.

Penyakit kronis adalah penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Berikut ulasan mengenai penyakit kronis yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu(17/8/2019).

Mengenal Penyakit Kronis
Penyakit kronis adalah kondisi kesehatan manusia yang efeknya bertahan lama atau penyakit yang datang seiring waktu. Istilah kronis sering diterapkan ketika perjalanan penyakit berlangsung selama lebih dari tiga bulan.

Penyakit kronis cenderung terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan biasanya dapat dikendalikan tetapi tidak sembuh. Namun, kini penyakit kronis juga banyak diderita pada paruh baya bahkan anak muda. Jenis penyakit kronis yang paling umum adalah kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan radang sendi.

Ada banyak kondisi dan penyakit kronis lainnya yang berkontribusisignifikan terhadap beban penyakit pada individu, keluarga, masyarakat dan negara. Contohnya termasuk gangguan mental, gangguan penglihatan dan pendengaran, penyakit mulut, gangguan tulang dan sendi, dan gangguan genetik.

Gangguan mental dan neurologis adalah kondisi kronis penting yang memiliki serangkaian fitur unik yang berbeda, dan yang baru-baru ini ditinjau oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Jenis Penyakit Kronis
Ada banyak bentuk penyakit jantung. Penyakit jantung koroner juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner atau penyakit jantung iskemik, adalah penyebab utama kematian secara global. Penyakit jantung, meskipun dikenal selama berabad-abad, menjadi umum pada dekade awal abad ke-20 di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Stroke
Stroke adalah penyakit otak yang disebabkan oleh gangguan pasokan darah. Stroke dan penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular utama. Ada beberapa jenis stroke dan kejadian akut biasanya disebabkan oleh proses penyakit jangka panjang sama yang menyebabkan penyakit jantung. Sebagian kecil dari kejadian akut disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Stroke adalah penyakit kardiovaskular utama di banyak negara Asia timur.

Kanker
Kanker menggambarkan serangkaian penyakit di mana sel-sel abnormal berkembang biak dan menyebar di luar kendali. Istilah lain yang digunakan adalah tumor dan neoplasma.

Ada banyak jenis kanker dan semua organ tubuh dapat menjadi bersifat kanker. Tembakau adalah penyebab utama kanker yang bisa dicegah. Penyebab dari banyak kanker lain juga diketahui, termasuk kanker serviks, kulit kanker dan kanker mulut.

Pernapasan Akut
Penyakit paru-paru memiliki banyak bentuk. Obstruktif kronis penyakit pernapasan dan asma adalah bentuk paling umum. Penyakit pernapasan obstruktif kronis disebabkan oleh ireversibel obstruksi saluran udara yang lebih besar di paru-paru. Asma disebabkan oleh obstruksi reversibel dari saluran udara yang lebih kecil di paru-paru.

Diabetes
Diabetes ditandai oleh peningkatan glukosa darah (gula) level. Ini hasil dari kurangnya hormon insulin, yang mengontrol kadar glukosa darah, dan / atau ketidakmampuan jaringan tubuh merespons insulin dengan benar. 

Tipe diabetes yang umum adalah tipe 2, yang menyumbang sekitar 90% dari semua diabetes dan sebagian besar merupakan hasil dari kelebihan berat dan aktivitas fisik. Bentuk masa kecil yang biasa diabetes (diabetes tipe 1) disebabkan oleh kekurangan absolut insulin. Tanpa insulin, diabetes tipe 1 cepat berakibat fatal.

Bagaimana Cara Mencegahnya? 
Berhenti merokok
Berhenti merokok (atau tidak pernah mulai) menurunkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit paru-paru, serta kematian dini — bahkan untuk perokok lama.

Pola makan sehat
Makan sehat membantu mencegah, menunda, dan mengelola penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit kronis lainnya. Pola makan yang seimbang antara buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak adalah penting pada segala usia. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkannya bahkan 5% hingga 7% dari berat badan dapat membantu mencegah atau menunda diabetes tipe 2.

Aktivitas fisik
Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mencegah, menunda, atau mengelola penyakit kronis. Lakukan aktivitas fisik sedang seperti jalan cepat atau berkebun selama setidaknya 150 menit seminggu.

Tidur cukup
Kurang tidur telah dikaitkan dengan perkembangan dan manajemen diabetes yang buruk, penyakit jantung, obesitas, dan depresi. Orang dewasa harus tidur setidaknya 7 jam setiap hari.

Ketahui riwayat keluarga
Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, atau osteoporosis, Anda mungkin lebih mungkin terserang penyakit itu sendiri. Konsultasikan riwayat kesehatan keluarga dengan dokter. Ini dapat membantu mengambil langkah-langkah untuk mencegah kondisi ini atau mendiagnosisnya lebih awal. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus