Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Kepulan Asap Tebal Masih Membumbung di Medang Kampai

Rabu, 17 April 2013


DUMAI-Hari ini, kepulan asap masih terlihat membumbung ke udara dari areal perbatasan antara Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai dengan Desa Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis. Memang sudah tiga hari terakhir, kawasan tersebut terbakar dan mengepulkan asap.

Diduga lahan perkebunan dan lahan kosong yang terbakar itu dilakukan secara sengaja oleh pihak tertentu yang ingin membuka lahan baru. Aksi pembukaan lahan perkebunan di Dumai mayoritas masih menggunakan cara membakar. Padahal pembakaran lahan dilarang, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat sekitar.

Kabut asap yang sering muncul di wilayah Kota Dumai akhir-akhir ini bukan tanpa alasan. Penyebabnya jelas karena aktivitas pembakaran oleh pihak tertentu untuk membuka lahan kebun baru.

Ketika sejumlah wartawan mengunjungi areal Kelurahan Guntung, Selasa (16/4) masih tampak kepulauan asap putih membumbung tinggi. Menurut warga setempat, areal lahan yang terbakar berada di sekitar lokasi perkebunan sawit. Namun demikian, warga tidak mengetahui pemilik lahan tersebut.

Terkait kasus pembakaran lahan tersebut, Kepala Bidang Kehutanan di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Dumai, Hadiono mengaku masih belum menemukan titik api di Dumai. Berdasarkan data yang diterimanya, Senin (15/4) tidak ada titik api ditemukan di Dumai.

"Menang ada kabut asap tipis setiap pagi dalam beberapa hari terakhir. Tapi tidak tahu darimana sumbernya. Pantauan satelit NOAA yang bisa diakses melalui internet, kata Hadiono, tidak menunjukan adanya titik api," tukasnya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus