Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Kereta Api Minangkabau Ekspres Tiba di Padang, Gubernur: Presiden Jokowi Akan Meresmikan

Minggu, 04 Maret 2018

Kereta api Minangkabau Ekspres. (Foto:Istimewa)

PADANG-Kereta api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) telah mendarat di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dan melakukan uji coba perdana akhir Februari 2018 dari stasiun Simpang Haru, Kota Padang menuju BIM di Padang Pariaman. Rencananya, KA Minangkabau Ekspres itu mulai beroperasi April mendatang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Presiden Joko Widodo akan datang guna meresmikan pemakaian KA tersebut. Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mengatur kedatangan Presiden.

Sejalan dengan persiapan peresmian operasi KA kata Irwan, Dinas Perhubungan Sumbar dan PT KAI juga telah mempersiapkan uji coba kereta untuk memastikan seluruh komponen berjalan baik, termasuk kelayakan rel dan perlintasan kereta.

"Kalau tidak ada hambatan, Presiden Jokowi akan kembali datang ke Sumbar untuk meresmikan pemakaian KA Minangkabau Ekspres," kata Irwan kepada sejumlah wartawan, Jumat kemarin.

Selain meresmikan KA Minangkabau Ekspres, Jokowi dijadwalkan meresmikan proyek besar lainnya di Sumbar. Seperti pabrik Indarung VI milik PT Semen Padang dan peresmian Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Sejak berubah namanya dari IAIN menjadi UIN pada 2017 lalu. "Tapi ini baru rencana, soal kepastian kesediaan waktu Presiden RI Joko Widodo ke Padang, kita tunggu dulu," kata Irwan dikutip FokusRiau.Com dari jawapos.com.

KA Minangkabau Ekspres sendiri merupakan kereta api diesel elektronik (KRDE) yang dibuat oleh perusahaan pelat merah, PT Industri Kereta Api (Inka). Dengan laju 60 km per jam, Minangkabau Ekspres menghubungkan Stasiun Simpang Haru, Kota Padang hingga stasiun kereta di kompleks BIM. Nantinya, kereta yang terdiri dari lima gerbong tersebut mampu mengangkut minimal 200 orang penumpang. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus