Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Kesepakatan Keluarga, Ayahanda Momo Dikebumikan Jumat Hari ini

Jumat, 22 September 2017

Momo menangis menatap jasad ayahandanya.(Foto: Tempo)

PEKANBARU-Jenazah almarhum Jabonar Sinaga, ayah vokalis band Geisha, Narova Morina Sinaga atau Momo, Jumat (22/9/2017) hari ini akan dimakamkan. Prosesi pemakaman akan dilakukan dengan menggunakan adat batak.

Hal ini disampaikan pihak keluarga di Pekanbaru, Kamis semalam. Keputusan itu  merupakan hasil kesepakatan keluarga besar almarhum dengan para Ketua Suku Batak yang ada di Pekanbaru. "Rapat keputusan sudah digelar Kamis malam, disepakati Jumat, bapak dikuburkan, " kata abang Momo, Fopin Sinaga di Pekanbaru.

Menurutnya, pembicaraan tentang tata cara proses adat batak juga keperluan "ulos" (selendang khas batak) sudah dibicarakan oleh semua undangan rapat yang dihadiri keluarga terdekat, baik dari pihak almarhum juga mama Momo serta tetua satu kampung di lingkungan tinggal keluarga di Jalan Kurnia pada acara tonggo Raja, artinya rapat para Raja dari masing-masing suku.

Dalam rapat ini kedua belah pihak membahas kesepakatan apa dan bagaimana tata cara prosesi adat untuk melepas almarhum, sebelum diantarkan ke pemakaman umum di Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru. "Ini kesepakatan lingkungan satu kampung dan sebagainya," ujarnya.

Menurut Fopin, sejauh ini ini semua sanak saudara khususnya anak dan menantu almarhum sudah datang dan berkumpul di Pekanbaru untuk menghadapi pemakaman Jumat. Momo sendiri merupakan anak bungsu dan satu-satunya anak perempuan dari lima bersaudara di keluarga itu. Jumlah cucu almarhum ada tujuh orang, semua sudah hadir.

Sebelum penguburan, juga akan ada "tor-tor" (tarian khas Batak) disertai penyampaian ulos.

Diketahui, Jabonar Sinaga meningal dunia, Selasa (19/9/2017) pukul 22.00 WIB di Rengat, Kabupaten Indragri Hulu, Riau. Meski sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong. Setelah dinyatakan meninggal, jenazah dibawa dari Kota Rengat ke rumah duka di Jalan Kurnia 21B, Pekanbaru.

Sehari-hari ayahnya berprofesi sebagai jurnalis di Kabupaten Inhu. Dia selama ini menjabat Kepala Perwakilan Koran Riau Pos. "Kepergian orangtua saya membuat kami kehilangan, termasuk tentunya Momo. Dia anak bungsu," ucapnya seperti dilansir fokusriau.com dari antarariau.com. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus