Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Keseringan Menahan Buang Air Kecil, Bersiapkan dengan 4 Penyakit Ini

Rabu, 11 September 2019

Ilustrasi kebelet kencing. (Foto:Istock)

PEKANBARU-Buang air kecil jadi hal yang tak mungkin bisa dihindari. Dalam sehari, setidaknya bisa lima sampai 10 kali bolak-balik ke kamar kecil untuk kencing. Akan tetapi, semua itu tergantung banyaknya cairan yang diminum.

Urine merupakan cairan sisa yang diekskresikan ginjal dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Kita tidak akan tahu kapan membutuhkan kamar kecil untuk buang air kecil.

Seringkali karena keadaan atau malas beranjak, kita menahan untuk buang air. Kebiasaan ini harus segera ditinggalkan. Efeknya bagi kesehatan bisa sangat fatal. Tak percaya? 

Ini daftar bahaya dari kebiasaan menahan kencing seperti dikutip dari Prevention, Rabu (11/9/2019).

1. Infeksi Batu Ginjal
Munculnya kristal kecil yang dikenal sebagai batu ginjal dapat mengiritasi kantung kemih. Jika sering menahan buang air kecil akan muncul gejala-gejala infeksi pada batu ginjal.

Seperti yang dikatakan Dr Tamara Bavendam MD, program direktur program Divisi Penyakit Ginjal, Urologi dan Hematologi di Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal.

"Biasanya batu ginjal akan menyebabkan banyak rasa sakit di punggung atau bagian samping tubuh. Tanda pling sederhana meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, dan rasa perih saat buang air kecilm," kata Bavendam.

2. Tubuh Tidak Terhidrasi dengan Baik
Jika menahan buang air kecil, maka anda akan 'menyuruh' tubuh bekerja dengan aktif. Hal ini akan mengakibatkan dehidrasi sehingga tubuh butuh air lebih banyak. Namun, kalian akan meminum sedikit air karena kantung kemih masih terisi penuh.

3. Tubuh Menjadi Kaku
Ketika suhu turun, tubuh akan melakukan mekanisme khusus untuk membuat kamu tetap hangat. Bagian dari proses itu melibatkan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh yang menyempit di kaki, tangan, kaki, dan lengan akan memindahkan lebih banyak darah ke inti tubuh.

Hal ini meningkatkan tekanan darah pada pembuluh. Kemudian, tubuh bereaksi terhadap tekanan darah tinggi tersebut dan menormalkannya. Caranya adalah dengan menghilangkan cairan dengan buang air kecil. Jadi, jika kamu menahan buang air kecil tubuh jadi akan terasa sangat kaku.

4. Infeksi Saluran Kemih
Bila kalian sering menahan buang air kecil, risiko infeksi salurah kemih juga akan meningkat. Pasalnya, urine mengandung banyak bakteri yang harus dikeluarkan. Jika didiamkan terlalu lama akan menginfeksi saluran pembuangan. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Dream.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus