Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Ketika Generasi Milenial Tak Tertarik Jadi PNS, Lantas Apa Alasannya?

Jumat, 22 Desember 2017

Ilustrasi Ujian CPNS (Foto: Dok. SDM Polri)

PEKANBARU-Beberapa bulan lalu, pemerintah telah membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk beberapa lembaga dan kementerian. Akses pendaftaran CPNS berkali-kali sempat down, karena diduga banyaknya jumlah pengunjung yang membuka situs tersebut.

Kejadian ini menjadi bukti kalau sampai sekarang, profesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi favorit buat sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski begitu, rupanya enggak sedikit dari milenial mengaku ‘ogah’ jadi seorang PNS. Seenggaknya, itu yang diungkapkan oleh Dekna, cowok asal Bali.

“Alasan aku enggak mau jadi PNS cuma satu, aku merasa enggak sanggup melakukan kerjaan gitu-gitu saja sampai usia pensiun. Tapi kalau dapet kerjaan yang enggak monoton dan bisa menantang diri, aku, sih, enggak masalah ya,” ujar Dekna, karyawan bidang konsultan pendidikan, Kamis kemarin.

Dekna mengaku, saat pendaftaran CPNS periode kedua kemarin, dia sempat mencoba daftar karena tuntutan orang tua. “Karena menurut orang tua aku, PNS merupakan salah satu profesi yang bisa menjamin hidup sampai pensiun nanti. Enggak hanya itu, pendapatannya juga stabil enggak kaya perusahaan swasta,” tambahnya.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Novi Ariyanti. Cewek asal Bogor ini mengatakan bahwa PNS punya kerjaan yang monoton. “Menurut aku, PNS itu kerjanya gitu-gitu aja, dan menurut aku PNS itu bukan wadah yang tepat untuk aku bisa berkembang dan mengutarakan pendapat. Aku prefer ke perusahaan asing, soalnya pola kerja di perusahaan asing lebih cepat dan produktif,” kata Novi Ariyanti, karyawati di bidang digital agency.

Yoris Sebastian, Pakar dan Pemerhati Milenial menyebutkan, turunnya minat profesi PNS di kalangan milenial terjadi bukan tanpa alasan. “Saya, sih, senang minat mereka terhadap PNS turun, karena zaman dulu alasan masuk PNS itu bukan mau berbakti kepada negara tapi pengin ngejar pensiunan yang bisa ditanggung sama pemerintah seumur hidup,” ujar Yoris Sebatian.

Menurut Yoris, apa yang jadi keputusan milenial terkait PNS bukanlah hal yang aneh. Menurutnya, hal itu wajar karena milenial adalah generasi yang gemar mencari tantangan baru. “Rata-rata, mereka enggak mau kerja yang gitu-gitu saja. Sekarang ini adalah era yang bagus buat milenial untuk mencari hal-hal yang baru, karena peluangnya terbuka luas,” tutur Yoris.

Anyway, kamu sendiri bagaimana? (kumparan.com/andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus