Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Ketika Pertumbuhan Kredit Lesu, Inilah Strategi yang Bisa Dilakukan Perbankan

Kamis, 10 Agustus 2017

Pertumbuhan kredit mengalami kelesuan. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Pertumbuhan kredit pada semester I tahun 2017 masih lesu. Hal ini membuat bankir untuk bekerja ekstra keras, meningkatkan pendapatan operasional. Seperti diketahui, data Bank Indonesia bulan Juni 2017 mencatat, pertumbuhan kredit industri perbankan hanya sebesar 7,6 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Kepala Group Risiko Perekonomian dan Sistem Keuangan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Dody Arifianto mengatakan, ada beberapa strategi yang bisa diambil bankir untuk meningkatkan pendapatan. "Strategi bisa diambil bank tergantung jenis dan skala usaha," ujar Dody, Kamis (10/8/2017).

Untuk bank besar, bisa melakukan ekspansi ke pendanaan yang disponsori pemerintah misalnya infrastruktur. Selain itu bank bisa masuk lebih dalam ke bisnis pengelolaan nasabah kaya dan tekfin.

Sedangkan untuk bank kecil bisa mengambil strategi masuk ke bisnis spesifik seperti pegawai negeri, pensiunan dan UMKM. Selain itu untuk mengoptimalkan pendapatan bunga dan non bunga, bank diharapkan bisa melakukan efisiensi dan penanganan kredit bermasalah lebih baik. Sementara untuk penanganan NPL ini bisa dilakukan dengan cara restrukturisasi maupun upaya penagihan. (kontan/boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus