Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat Jambi Kagumi Pengelola Limbah dan Sampah Inhu

Selasa, 23 Juli 2019

Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat di DLH Inhu. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu. Tujuannya untuk konsultasi terkait pengelolaan daur ulang dan limbah bahan berbahaya beracun (B3) di Inhu yang dinilai cukup bangus.

Sekretaris Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat Nurasiah SPd kepada FokusRiau.Com usai kunjungan, Selasa siang mengaku kagum dengan pengelolaan bank sampah di Inhu yang dinilai sangat bagus. Anak-anak di sekolah jadi bisa menambung uang dari sampah plastik bekas.

"Apa yang dilakukan DLH Inhu akan diterapkan di Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat, khususnya soal bank sampah di sekolah. Ini bisa menambah pendapatan siswa dan meningkatkan kepedulian mereka terhadap sampah," katanya.

Penerapan pengelolaan bank sampah di Tanjung Jabung Barat nanti harus diikuti dengan pembuatan Peraturan Daerah (Perda), karena sekarang masih belum memiliki Perda. "Kita berharap, DLH Tanjung Jabung Barat dapat shearing dengan DLH Inhu untuk pengelolaan sampah menjadi bernilai uang bagi anak didik di sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Inhu Ir Selamat MM membenarkan telah menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat untuk konsultasi dan shearing pengelolaan daur ulang serta pengelolaan limbah B3.

Saat itu, DLH Inhu menginformasi pola anak didik di sekolah bisa mengumpulkan sampah plastik bekas dan menjadi sumber penghasilan sampai tamat sekolah. Caranya, setiap anak didik mengumpulkan sampah plastik bekas dari rumahnya. Setelah banyak dibawa ke sekolah untuk dijual kepada penampung barang bekas dan uangnya dimasukan ke buku tabungan. (*)





Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus