Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Kondisi Asap Bertambah Parah, Walikota Firdaus MT Instruksikan Sekolah Libur Dua Hari

Selasa, 10 September 2019

Walikota Pekanbaru DR Firdaus MT. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau semakin parah. Untuk menghindari banyak anak-anak yang sakit akibat paparan asap, Walikota Firdaus MT menginstruksikan seluruh sekolah meliburkan peserta didiknya mulai hari ini, Selasa (10/9/2019).

Kabut asap dampak karhutla di sejumlah daerah semakin hari kian parah. Pemko Pekanbaru, menurut Firdaus, sudah menerima saran masukan serta kajian teknis dari berbagai instansi terkait.

"Karena itu, kita sudah buat surat mengintruksikan Sekretaris Kota Pekanbaru untuk menetapkan libur sekolah di semua tingkatan selama dua hari. Sekolah diliburkan hingga Rabu (11/9/2019) besok," ujarnya.

Firdaus juga memerintahkan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru sesegera mungkin menginformasikan persoalan libur sekolah tersebut secara berjenjang kepada seluruh kepala sekolah.

Surat juga berisi imbauan kepada para orang tua murid, agar memastikan anak-anaknya tidak berada di luar rumah. Apabila beraktifitas di luar ruangan, agar selalu menggunakan masker.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal berjanji akan menindaklanjuti instruksi tersebut. Pihaknya bakal memberi informasi ini kepada pihak sekolah. "Jadi instruksi ini bakal teruskan kepada seluruh jajaran pendidikan. Kami teruskan kepada masyarakat luas," ujar Jamal, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, instruksi diberikan setelah rapat bersama Walikota Pekanbaru, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru dan BPBD Kota Pekanbaru. Mereka meliburkan peserta didik karena kondisi kabut asap belum berkurang. "Para peserta didik yang masih di sekolah bisa dipulangkan. Orangtua bisa jemput anaknya di rumah," ulasnya.

Jamal menyebut, saat ini para peserta didik diiburkan selama dua hari. Dia berharap, kondisi kabut asap bisa pulih. "Semoga bencana kabut asap ini segera berakhir," tukasnya. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus