Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Kongres V PDI Perjuangan Akan Tetapkan Kembali Megawati Sebagai Ketua Umum

Jumat, 02 Agustus 2019

Megawati Sukarno Putri. (Foto:Figurpedia.com)

JAKARTA-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Kongres V yang rencananya akan berlangsung di Bali, 8-10 Agustus 2019 mendatang. Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah mengatakan, agenda utamanya adalah menyiapkan program partai untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Dalam agenda kongres yang terpenting adalah mempersiapkan PDIP sebagai partai pemerintah mendukung Jokowi-Ma'ruf. Sebagai partai pemerintah, PDIP kemudian mempercepat proses kongresnya melalui hak prerogatif ketum PDIP. Jadi agenda utamanya adalah menyesuaikan agenda dan program partai untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf," kata Basarah, Jumat (2/7/2019) di Jakarta.

Soal berubahnya struktur partai atau tidak, menurut dia, yang final masih jabatan Ketua Umum. Dimana akan tetap duduki oleh Megawati Soekarnoputri.

"Mengenai struktur partai, yang sudah final adalah mengenai jabatan ketum partai oleh seluruh kader partai dari seluruh pelaksanaan konferensi Cabang, dan Konferensi Daerah di tingkat provinsi, semua sudah sepakat memohon kepada Ibu Mega agar ditetapkan kembali sebagai ketum pada kongres mendatang. Jadi, legal standing posisi Kongres dalam memilih ketum, itu bukan lagi memilih, tapi menetapkan Bu Mega," ungkap Basarah.

Usai ditetapkan, Megawati yang diberikan hak prerogatif untuk menyusun postur struktur dan personel DPP Partai.

"Jadi apakah nanti posturnya akan ada ketua harian, wakil ketum, atau tidak, itu prerogatif Ibu Megawati. Kami sebagai kader partai, tidak dalam posisi memegang mandat untuk menentukan apakah postur, dan struktur PDIP mendatang akan terdapat unsur ketua harian atau waketum atau tidak," tukasnya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler


     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus