Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Konsumsi Mentimun Ternyata Juga Bisa Bikin Awet Muda

Sabtu, 08 Februari 2020

Mentimun. (Foto:Tempo)

PEKANBARU-Selama ini, green tea disebut-sebut sebagai superfood, minuman yang kaya antioksidan untuk kulit lebih muda dan tubuh sehat lebih lama. Dua dekade terakhir, konsumsi green tea atau teh hijau pun semakin populer di Indonesia. 

Terutama konsumsi teh hijau dari Jepang yang disebut lebih berkualitas dan mengandung lebih banyak antioksidan. Tak banyak yang tahu, ada superfood yang tak kalah bernutrisi di sekitar kita. Mentimun yang biasa dikonsumsi mentah sebagai lalapan di Indonesia sebenarnya juga cocok sebagai bahan makanan anti-aging.

Konsumsi Mentimun untuk Kulit Awet Muda
Dilansir StyleCraze, timun merupakan sumber air, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin C yang penting untuk menjaga kulit senantiasa kenyal.

Menurut Lisa Hayim, ahli diet terdaftar dan pendiri The WellNecessities, kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membantu kulit agar tetap terhidrasi dari dalam. Timun juga bisa memperbaiki mendorong pembentukan kolagen, syarat utama untuk kulit kenyal dan awet muda. Selain itu, kandungan air di dalamnya dapat membantu meluruhkan racun dari kulit dan melunturkan lemak.

Lebih jauh, Hayim menyebut konsumsi mentimun secara teratur akan menjadikan kulit segar dan bercahaya. Anda yang ingin memudarkan stretchmark secara alami juga bisa mengonsumsi mentimun secara teratur.

Manfaat Perawatan Kulit dengan Mentimun
Menurut pakar dermatologi dan psikiater Amy Wechsler seperti dilansir The Huffington Post, mentimun merupakan sumber vitamin C dan caffeic acid yang bisa membantu meredakan inflamasi dan iritasi kulit.

Kandungan airnya yang sangat tinggi bagus untuk melembapkan kulit. Sementara silika yang banyak terdapat di kulitnya bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

Resep Green Juice Mentimun dan Apel untuk Kulit Awet Muda dari Dalam
Ingin kulit segar dan awet muda? Coba konsumsi mentimun secara teratur. Anda bisa mengolahnya sebagai salad, lalapan, atau green juice yang segar. Berikut ini resep green juice dengan bahan mentimun dan apel yang enak, segar, dan kaya khasiat.

Bahan:
1 buah mentimun ukuran sedang
1 apel merah
2 sendok makan madu organik
es batu secukupnya

Cara Membuat:
Cuci bersih dan kupas mentimun. Iris ujungnya agar tidak pahit.
Potong-potong apel. Buang bagian tengah dan bijinya.
Proses semua bahan dengan juicer sampai benar-benar lembut. Konsumsi segera selagi masih belum berubah warna.

Resep Masker Mentimun dan Madu untuk Kulit Glowing
Bahan:
1/2 buah mentimun ukuran sedang
2 sendok makan madu organik

Cara Membuat:
Parut mentimun segar. Pastikan kebersihan alat parut dan pisau pemotong terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan madu organik.

Terapkan masker pada wajah yang sudah bersih dari makeup, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu gosok masker yang sudah agak kering dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Bilas wajah dengan air dingin, kemudian tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering. Jangan lupa pakai toner sesudahnya.

Lakukan perawatan dengan masker ini minimal seminggu sekali dan maksimal 3 kali seminggu. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus