Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Korban Banjir di Padang Mulai Kekurangan Air Bersih

Minggu, 29 Juli 2012


PADANG-Empat hari setelah banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Kota Padang, warga bersama lembaga peduli korban banjir bandang terus berusaha melakukan pemulihan, terutama membersihkan rumah warga yang tertutupi lumpur.

Di komplek perumahan Tabing Banda Gadang, Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, banyak rumah warga terkena timbunan lumpur yang ikut bersama banjir. Sementara itu, warga sekarang mulai kekurangan air bersih, karena ledeng PDAM di rumah mereka belum mengalir secara maksimal. Sedangkan sumur warga kebanyakan telah tertimbun lumpur.

"Kami terus berusaha membersihkan rumah dan sumur dari timbunan lumpur. Yang jadi masalah, kami mulai kesulitan memperoleh air bersih. Kami berharap pemerintah bisa memaksimalkan bantuan air bersih," kata Hendra, Ketua RT setempat, Minggu (29/7).

Beruntung, kelangkaan air bersih direspon positif berbagai pihak. Siang tadi, petugas pemadam kebakaran Kota Padang mulai mendatangkan air bersih ke Komplek perumahan Tabing Banda Gadang. Selain itu, menurut Kepala Bidang Damkar Kota Padang, Edi Asri, pihaknya juga sudah mensuplay air untuk kecamatan Pauh. "Kita berinisiatif melakukan penyaluran air bersih ke daerah banjir kerena kita tahu mereka membutuhkan air bersih," papar Edi, Minggu (29/7). 

Sementara itu, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito menyerahkan bantuan kepada korban banjir, berupa dua karung pakaian layak pakai untuk warga perumahan Tabing Banda Gadang. "Bantuan ini berasal dari Pemkab Agam yang disalurkan untuk kali kedua kepada korban banjir. Semoga bantuan ini berguna dan bermanfaat bagi warga," ujar Bambang. (deb)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus