Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
PolitikKPU Bengkalis Tetapkan 533 Daftar Caleg Tetap

Kamis, 22 Agustus 2013 - 19:47:34 WIB


BENGKALIS-Komisi Pemilihan Umum Bengkalis menetapkan 533 orang calon anggota legislatif dalam Daftar Calon Tetap. Semua calon yang masuk dalam DCT berasal dari 14 partai politik peserta Pemilu 2014 mendatang untuk mengisi posisi sebagai anggota DPRD Kabupaten Bengkalis. Jumlah tersebut tidak mengalami selisih dari jumlah Daftar Calon Sementara yang telah diverifikasi.

Penetapan DCT dilakukan melalui rapat pleno dan autentifikasi yang dipimpin Ketua KPU Bengkalis, Iskandar dan tiga komisioner, yakni Defitri Akbar, Bakri dan Syuib di Aula Kantor KPU Bengkalis, Kamis (22/8) siang. Hadir juga sejumlah pimpinan parpol, Panwaslu Bengkalis dan kepolisian.

“Tidak ada selisih jumlah dengan DCS sebelumnya, tetap 533 orang dan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Hanya ada satu orang yang diganti, karena meninggal dunia dari PKPI. Dalam pleno terungkap ada kesalahan nama dan alamat ataupun foto, hari ini juga sudah diperbaiki, jadi tidak ada masalah,” kata Defitri Akbar kepada wartawan.

Ditambahkan, dari jumlah tersebut termasuk sembilan anggota DPRD Bengkalis dan lima kepala desa yang sudah menyerahkan keterangan pengunduran diri. Secara keseluruhan berdasarkan jenis kelamin, 332 laki-laki dan 201 jiwa keterwakilan perempuan. Sebelumnya, kuota caleg sebanyak 540 orang dari 12 partai politik. Sementara yang didaftarkan partai pada waktu pendaftaran sebanyak 535 orang, kemudian bertambah menjadi 536 saat perbaikan berkas. Tiga calon tidak lolos DCS karena dinyatakan belum memenuhi persyaratan.

Kemudian, setelah diumumkan DCS kepada publik dan hingga akhir masa verifikasi, KPU Bengkalis sama sekali tidak menerima aduan resmi terkait para calon tersebut. Dari waktu yang telah disediakan, hanya menerima surat-surat kaleng dari sumber yang tidak jelas.
 
Didominasi Muka Lama

Sementara muka lama masih mendominasi daftar calon tetap untuk DPRD Bengkalis pada pemilu legislatif 2014 mendatang. Mereka yang merupakan muka lama tidak hanya berasal dari caleg incumbent, melainkan juga pemain-pemain politik yang belum mendapat kesempatan duduk menjadi wakil rakyat sebelumnya.

Dari 533 nama yang ditetapkan KPU Bengklalis, mayoritas nama-nama yang muncul sudah tidak asing. Petarung untuk merebut 45 kursi legislator tersebut meski baru sekali menjadi caleg, tetapi mereka umumnya sudah cukup populer di masyarakat, seperti di daerah pemilihan Bengkalis-Bantan, ada nama yang sudah dikenal, tapi baru maju jadi caleg seperti Sulaiman Zakaria (mantan sekda dan calon bupati Bengkalis), dr.Moris B Sihite, Atbel (mantan ketua IKMR), Asriyalmi (mantan ketua KNPI), Firman (pegiat LSM), Oce Saputra (mantan anggota DPRD), Akramudin Noer (pengusaha), Aziar Azroy (mantan anggota DPRD Bengkalis), Bahur Jamil (mantan anggota DPRD Bengkalis),Syaukani (sekretaris DPD PAN) dan Hera Triwahyuni (ketua GOW Bengkalis).           

Sementara nama-nama incumbent dari dapil ini antara lain Jamal Abdillah (Ketua DPRD), Indra “Eet” Gunawan (Wakil ketua DPRD), Heru Wahyudi (Ketua DPD PAN), Sofyan (Ketua Komisi IV DPRD) dan M.Tarmizi (Wakil ketua Komisi II DPRD Bengkalis).

Untuk dapil Mandau A dan B sejumlah nama incumbent yang maju lagi antara lain Fidel Fuadi dan Khusaini (PKS), Almi Husni (PKB), Nanang Heryanto dan Rismayeni (Partai Demokrat), Hendri HS, Revolaysa dan Thamrin Mali (Partai Golkar), James R Rumajar (Partai Gerindra), Dani Purba (PDI.Perjuangan) dan Arwan Mahidin Rani (PPP). Yang cukup fenomenal adalah come back-nya Syamsul Gusri mantan anggota DPRD Bengkalis periode 1999-2004 yang juga pernah dua kali menjadi calon wakil bupati kembali maju dari dapil ini lewat bendera Partai Nasdem.

Dari dapil Pinggir, nama Amril Mukhminin (Partai Golkar), Rosmawati Florentina (PDI.Perjuangan), Kurnianto (PBB), Daud Gultom (Gerindra), Abdul Halim Hasibuan (PKS) dan Jamadin Sinaga (Demokrat) adalah para incumbent. Nama lama yang kembali muncul dalam DCT dari dapil Pinggir ini antara lain Parlindungan Siringo-ringo (PDIU.P), yang merupakan mantan anggota DPRD Bengkalis periode 2004-2009.

Untuk dapil Rupat-Rupat Utara, tidak ada perubahan mencolok. Ada tiga nama incumbent dari dapil ini yang merebut 4 kursi dewan. Mereka adalah Misliadi (PKB), Abdul Kadir (PAN) dan Purboyo (PDI.Perjuangan). Demikian juga halnya dengan dapil Bukitbatu-Siak kecil, nama lama seperti Azmi R Fatwa (PKS), Anom Suroto (Demokrat) dan Misran (PDI.Perjuangan) kembali turun bertarung memperebutkan lima kursi dari dapil tersebut. (dal)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus