Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
citilink
PolitikKPU Dumai Terima 86.108 Surat Suara Pilgubri

Selasa, 13 Agustus 2013 - 19:08:19 WIB


DUMAI-Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai telah menerima 186.108 lembar surat suara untuk kepentingan pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri), September 2013 mendatang.
 
Humas KPU Dumai, Muhammad Ali menjelaskan, surat suara logistik Pilgubri dari KPU Provinsi Riau tersebut diterima, Minggu (11/8) sekitar pukul 02.00 WIB. “Logistik surat suara Pilgubri telah kita terima sebanyak 63 kotak berjumlah total 186.108 lembar dari KPU Riau,” kata Ali, Selasa (13/8).
 
Dijelaskan, surat suara saat ini masih disimpan di kantor KPU Dumai dengan pengawalan ketat dua petugas kepolisian. Selanjutnya, surat yang akan dicoblos para pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ini akan dilakukan penghitungan ulang dan sortir guna memastikan setiap lembarnya dalam kondisi sempurna dan tak rusak. “Kita simpan sementara, dan beberapa hari kemudian akan dilakukan sortir dan hitung ulang surat suara tersebut,” ujarnya.
 
Dirincikan, surat suara yang telah dikirim tersebut terdiri dari 181.569 lembar jumlah pemilih tetap dan 4.539 lembar untuk cadangan. Lembar surat rekomendasi, menurutnya diperuntukkan sebagai pengganti bila ada ditemukan yang rusak atau kekurangan. KPU Dumai, lanjut Ali, saat ini masih menunggu dikirimnya logistik lain, seperti kartu pemilih, surat undangan dan formulir untuk kepentingan penyelenggaraan Pilgubri yang diikuti lima pasang calon tersebut.

Mulai Dilipat
Sementara KPU Rokan Hulu, Selasa (13/8) mulai melakukan pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur Riau 2013. Proses pelipatan kertas suara dijaga ketat aparat kepolisian. Surat suara yang dikirim KPU Riau tersebut diterima KPU Rohul, Minggu (11/8) malam dan menjelang tanggal 18 Agustus 2013, proses pelipatan surat suara akan tuntas dilaksanakan.

Demikian disampaikan Ketua KPU Rohul, Junaidi Dasa, Selasa (13/8) di Pasir Pengarayan. Untuk proses pelipatan dan mensortir, bila ada surat
suara rusak atau cacat akan dikembalikan atau dimusnahkan, namun prosedurnya menunggu arahan KPU Riau.

”Jika ada surat suara rusak akan dihitung dan dibuatkan berita acaranya. Hari pertama roses pelipatan surat suara Pilgubri belum ada ditemukan kerusakan surat suara," ujarnya.

Dikatakan, jumlah surat suara Pilgubri diterima KPU Rohul sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap Pilgubri, yakni 328.620 ditambah dua persen sehingga totalnya menjadi 336.021 surat suara. Proses pelipatan surat suara Pilgubri sengaja dipercepat pengecekannya agar sisa waktu dapat mengecek kekurangan atau kerusakan surat suara sehingga dapat ditambah KPU Riau.
 
Dipaparkan, tanggal 23 Agustus, KPU Rohul akan mengatur jadwal pendistribusian surat suara yang dimasukkan dalam kotak suara, sambil  menunggu kelengkapan TPS lainnya seperti formulir-formulir, tinta, alat tulis dan alat coblos. "Untuk jadwal pendistribusian kertas suara ini akan diatur secepatnya, sambil menunggu kelengkapan kelengkapan lainnya," ujar Junaidi. (dik/fri)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus