Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

KPU Kampar Tetapkan DCS Pemilu 2019: Hanya 624 Bacaleg Kampar Lolos dari Kuota 720 Orang

Sabtu, 11 Agustus 2018

KPU Kampar tetapkan DCS. (Foto: Istimewa)

BANGKINANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) peserta Pemilihan Legislatif DPRD Kampar, Jumat malam. Jumlah DCS yang sudah ditetapkan sebanyak 624 orang. Jumlah tersebut berkurang dari jumlah pendaftar sebelumnya.

Dimana sebanyak 16 partai peserta pemuli mendaftarkan 699 orang Bacalegnya. Selama proses verifikasi berkas persyaratan administrasi sampai jelang penetapan DCS, terjadi pengurangan sebanyak 75 orang. Partai peserta Pemilihan Legislatif untuk DPRD Kampar 2019 tak sanggup mengisi kuota Bacaleg yang tersedia. 

Perkalian dari 16 partai dengan 45 kursi parlemen yang tersebar di enam Daerah Pemilihan memberikan jumlah kuota 720 orang. Artinya, terdapat kekurangan 96 orang dari kuota penuh tersebut.

Partai Garuda dengan jumlah Bacaleg paling sedikit. Merujuk bakal DCS dari KPU Kampar, Bacaleg partai ini yang lolos hanya 11 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Bacaleg PKPI juga sangat sedikit. Hanya 15 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Dapat dipastikan, kedua partai ini abstain di beberapa Dapil. 

Komisioner Devisi Program dan Data KPU Kampar Dahmizar mengatakan, penetapan DCS semula dijadwalkan, Minggu (12/8/2018). Namun ternyata, proses finalisasi dan sinkronisasi dengan partai dapat diselesaikan lebih cepat. "Sinkronisasi dengan partai berjalan lancar. Nggak ada masalah. Makanya tadi malam, Jumat (10/8/2018) langsung ditetapkan saja," ujar Dahmizar, Sabtu siang.

Dahmizar mengatakan, Minggu besok KPU tinggal mengumumkan DCS. KPU masih membuka kesempatan bagi publik yang ingin memberi masukan tentang DCS sampai Minggu. "Kalau ada tanggapan dari masyarakat, mungkin bisa berubah," katanya. (*) 







Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus