Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

KPU Mulai Pasang Baliho Paslon di Pekanbaru, Nomor 1 Kenapa Tak Ada?

Rabu, 07 Maret 2018

Baru tiga baliho terpasang. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pagi ini, baliho pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau mulai dipasang. Anehnya, dari empat pasang paslon peserta Pilgubri, baru tiga baliho kandidat saja yang sudah terpasang. Sementara paslon nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution tak tampak.

Kenapa bisa begitu? 

Ketua harian Koalisi Riau Bersatu (Karib) Tengku Zulmizan Assegaf mengaku heran dengan sikap penyelanggara Pilkada Riau tersebut. Dia sangat menyayangkan kejadian itu. "Tentu sangat kita sayangkan. Kok bisalah ini terjadi. Tadi sudah kita tanya ke PKU katanya alasannya hujan. Itu ntah buaya entah katak, entah iyo entah tidak," ujar Zulmizan. 

Dia juga heran, mengapa nomor 1 yang tidak terpasang. "Herannya lagi, kita kan nomor urut 1 kok malah belum terpasang ya. Seharusnya kalau memang alasan hujan dan tak sempat terpasang, seharusnya kan yang dipasang itu dari nomor urut 1, ini kok tidak," ulasnya. 

Diakui, pihaknya sudah melakukan komplain kepada KPU. "Tentu kita komplain ke KPU. Kita sudah minta penjelasan dari KPU dan katanya tadi ini akan segera dipasang," tuturnya. 

Sementara Komisioner KPU Riau Ilham Muhamad Yasir mengatakan, tidak ada niat KPU untuk mentiadakan salah satu APK Paslon. Menurut Ilham, Selasa malam petugas KPU Riau memasang APK tersebut, namun karena hujan maka hanya tiga baliho Paslon saja yang bisa terpasang. Pagi ini baru dipasang APK calon yang belum ada itu.

“APK yang dipasang itu baru contoh dan baru satu titik dan ketika pemasangan berlangsung malam kemarin hari hujan. Jadi dihentikan. Paginya, sebelum ke Semarang, ketua memanggil wartawan untuk menunjukkan APK sudah terpasang namun belum semuanya,” ulasnya.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan memaklumi kondisi tersebut. Namun hal itu harus dijadikan catatan bagi pihak yang memasang, karena dikuatirkan bisa memicu polemik. "Jika kesalahan seperti ini terus terjadi, bisa merugikan pasangan calon. Untuk itu kita minta ke depannya agar pemasangan APK diperhatikan," ujar Rusidi. (rilis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus