Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

KPU Mulai Sinkronisasi Data Pemilih Awal Mei Nanti

Minggu, 21 April 2013


BENGKALIS-Awal Mei mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis mulai mensinkronisasi data potensial penduduk pemilih pemilu (DP4) dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS), melalui Panitia Pemilu Kecamatan (PPK). Singkronisasi dilakukan dengan mengacu kepada data jumlah pemilih sementara yang diterima dari Kementrian Dalam Negeri.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bengkalis, Iskandar kepada wartawan, Minggu (21/4) di Bengkalis. Berdasarkan DP4 yang sudah ada, jumlah pemilih sementara untuk Pilgubri di Kabupaten Bengkalis berjumlah 378.899 pemilih. Sedangkan jumlah pemilih sementara pada pemilu legislatif sebanyak 389.389 pemilih.

Dari data yang kita terima, jumlah pemilih Pilgubri sebanyak 378.899 pemilih. Sedangkan untuk pemilihan pada pemilu legislatif mencapai 389.389. Data ini baru kita terima dari Kemendagri, papar Iskandar.

Dikatakan, tahapan proses sinkronisasi data pemilu terakhir dan DP4 hampir bersamaan dengan menggunakan aplikasi Sistem Pemutakhiran Data Pemilih (SIDALIH). Pencocokan berawal dari pengiriman data pemilih kepada PPS, melalui PPK untuk dilakukan proses pencocokan, pendataan dan pemutakhiran pemilih sementara hingga menjadi pemilih tetap, baik untuk Pilgubri ataupun Pemilu tahun depan. Awal Mei kita data akan kita kirim ke PPS melalui PPK untuk dilakukan proses pencocokan, pendataan dan pemutakhiran katanya.

Direncanakan, KPU akan menugaskan satu orang petugas untuk memutakhirkan data pemilih disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mendata dari rumah ke rumah dengan menempelkan stiker yang menandakan sudah terdaftar sebagai pemilih untuk Pilgubri ataupun Pemilu. (dal)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus