Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

KPU Riau Tetapkan Jumlah Daftar Pemilih Sementara di Pilgubri 3,6 Juta Lebih

Sabtu, 17 Maret 2018

Penetapan DPS oleh KPU Riau. (Foto: Satria Donald/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-KPU Riau menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau (Pilgubri), 27 Juni mendatang sebanyak 3.676.326 pemilih. Mereka tersebar di 12 kabupaten/kota itu kemungkinan akan bertambah, saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti. 

"Jumlah DPS untuk Pilgubri nanti mencapai 3,6 juta lebih. Kalau kita lihat daftar pemilih potensial non KTP yang masih dalam proses NIK masih ada 245.000 lebih, maka berkemungkinan DPT bisa lebih dari jumlah DPS yang sudah ditetapkan di rapat pleno ini," kata Komisioner KPU Riau Divisi Program dan Data Syafril Abdullah usai rapat pleno terbuka di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Sabtu (17/3/2018).

Hasil pleno ditetapkan berdasarkan rekapitulasi pemilih dari 12 kabupaten/kota yang terdiri dari 166 kecamatan, tersebar di 1.859 desa dengan jumlah tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 12.054. Dimana sebanyak 1.868.003 pemilih laki-laki dan 1.808.323 pemilih perempuan sehingga jumlahnya 3.676.326 orang yang tercatat di DPS. 

"Data DPS tersebut akan disebarkan ke masyarakat mulai 24 Maret sampai 2 April 2018, untuk memperoleh data sebenarnya dilapangan," ujar Syafril. 

KPU meminta Bawaslu bersama jajaran serta seluruh tim pasangan calon ikut bersama-sama mendorong masyarakat pada masa pengumuman DPS nanti. Bagi masyarakat yang belum masuk namanya di DPS agar segera melapor kepada RT, RW dan PPS setempat agar pada saat pengumuman DPT namanya sudah masuk sebagai pemilih.

Rapat pleno dihadiri empat komisioner KPU Riau lainnya, Ketua Nurhamin, M Ilham Yasir, Sri Rukmini dan Syafril Abdullah. Sedangkan satu komisioner lainnya adalah Abdul Hamid yang sedang menghadiri undangan pleno di KPU pusat di Jakarta.

Rapat turut dihadiri komisioner Bawaslu Riau Gema Wahyu Adinata, termasuk 12 komisioner KPU di kabupaten/kota serta perwakilan dari partai politik dan relawan masing masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau. (satria donald)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus