Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

KPU Rohul-Disdukcapil akan Kerjasama Data Ulang Pemilih

Senin, 01 April 2013


PASIR PENGARAYAN-Setelah KPU melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di semua kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) beberapa waktu lalu, tugas PPK dan PPS selanjutnya adalah melaksanakan pendataan pemilih jelang Pilgubri September mendatang.

"Untuk memudahkan pendataan, rencananya KPU Rokan Hulu akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," kata Ketua KPU Rokan Hulu, Junaidi Dasa, Senin (1/4). Namun demikian, sebelum kerja sama itu dilaksanakan, KPUD Rokan Hulu mengimbau ketua PPK dan PPS untuk segera membuat sekretariat di tingkat kecamatan dan desa.

Bila sekretariat tersebut telah terbentuk, maka bulan April dan Mei mendatang, petugas sudah bisa melakukan pendataan ulang bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih. Sebelumnya, Disdukcapil sudah menyerahkan data DP4 kepada KPU Rokan Hulu. Dari DP4 tersebut, diketahui jumlah pemilih di Rokan Hulu sekitar 400.000 pemilih. Namun kepastian jumlah pemilih pada pilgubri mendatang masih menunggu hasil pendataan di lapangan yang akan dilakukan nanti.

"DP4 memang sudah diserahkan Disdukcapil kepada KPU Rokan Hulu. Namun pendataan ulang tetap akan dilakukan agar tidak ada masyarakat yang nantinya tidak terdata atau tidak mempunyai hak pilih," papar Junaidi.

Kepada seluruh masyarakat, Junaidi mengimbau untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pilgubri nanti. Agar proses demokrasi bisa berjalan dengan baik dan lancar serta bisa mencapai target menjadikan Rokan Hulu menjadi kabupaten tersukses dalam penyelenggran Pilgubri.

"Kita berharap partisipasi masyarakat tinggi dalam mensukseskan Pilgubri mendatang dan semua masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya," kata Junaidi. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus