Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Kroasia Melangkah Masuk Fase 16 Besar, Argentina Berada di Ujung Tanduk

Jumat, 22 Juni 2018

Luka Modric (kanan) merayakan golnya ke gawang Argentina. (Foto:Reuters)

PEKANBARU-Kroasia berhasil mengalahkan Argentina 3-0 di laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat dinihari WIB. Tiga gol kemenangan Kroasia dicetak Ante Rabix menit ke-53, Luka Modric menit 80 dan Ivan Rakitic pada masa injury time.

Dengan hasil ini, Kroasia memimpin klasemen sementara Grup D dengan koleksi enam poin, sekaligus meraih tiket ke babak 16 besar. Sementara itu Argentina berada di peringkat ketiga dengan raihan satu angka.

Kekalahan dengan skor telak ini pun membuat Argentina di ujung tanduk. Mereka harus menang besar pada laga pamungkas menghadapi Nigeria pada 26 Juni nanti untuk menjadi pendamping Kroasia ke fase gugur.

Pertandingan sudah berjalan menarik dan keras sejak babak pertama. Kroasia mengancam Argentina terlebih dahulu pada menit ke-4 lewat Ivan Perisic. Namun tendangan keras kaki kiri Perisic di dalam kotak penalti masih bisa ditepis Willy Caballero.

Argentina baru mendapatkan peluang bersih pada menit ke-30. Berawal dari sebuah kemelut, Enzo Perez gagal memasukkan bola ke gawang Kroasia yang sudah ditinggal kiper Danijel Subasic.

Tidak gol yang tercipta sehingga babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Petaka terjadi untuk Argentina saat Caballero melakukan blunder fatal pada menit ke-53. Berniat mengembalikan umpan Gabriel Mercado, tendangan Caballero tidak sempurna dan langsung mengarah ke Ante Rebic yang sudah membayangi.

Ante Rabic tanpa ampun langsung memasukkan bola ke gawang dengan tendangan voli. Skor berubah 1-0 untuk Kroasia. Seusai gol ini, Argentina langsung bereaksi dengan memasukkan Gonzalo Higuain, Cristian Pavon dan Paolo Dybala sebelum laga memasuki menit ke-70.

Hanya menempatkan tiga pemain belakang, Argentina kembali kebobolan pada menit ke-82. Kapten Kroasia, Luka Modric, mencetak gol indah dari tendangan jarak jauh yang tidak mampu dijangkau Caballero.

Pada menit ke-86, Rakitic hampir saja menambah penderitaan Argentina lewat tendangan bebasnya. Beruntung tendangan bebas Rakitic hanya membentur mistar gawang.

Rakitic akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-90+2 memanfaatkan umpan Mateo Kovacic. Skor 3-0 untuk Kroasia menjadi hasil akhir pertandingan dan ini menjadi kekalahan terbesar Argentina pada fase grup dalam Piala Dunia sejak 1958, ketika Albiceleste dilibas Cekoslovakia dengan skor 1-6. (*)

Susunan pemain:
Argentina: 23-Wilfredo Caballero; 2-Gabriel Mercado, 17-Nicolas Otamendi, 14-Javier Mascherano, 3-Nicolas Tagliafico; 18-Eduardo Salvio (Cristian Pavon 56'), 13-Maximiliano Meza, 8-Marcos Acuna, 15-Enzo Perez (Paulo Dybala 68'); 10-Lionel Messi; 19-Sergio Aguero (Gonzalo Higuain 54')

Kroasia: 23-Danijel Subasic; 3-Ivan Strinic, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren; 2-Sime Vrsaljko, 10-Luka Modric, 7-Ivan Rakitic, 4-Ivan Perisic (Mateo Kovacic 82;), 18-Ante Rebic (Andrej Kramaric 57'), 11-Marcelo Brozovic; 17-Mario Mandzukic 




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus