Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohil

KSK Moeldoko Resmikan Peremajaan Sawit Rakyat, Bupati Suyatno Apresiasi Program Presiden Jokowi

Sabtu, 23 Februari 2019

Kepala KSK Moeldoko meresmikan program peremajaan sawit. (Foto:Humas)

ROKAN HILIR-Bupati Suyatno menerima kunjungan kerja Kepala Staf Kepresidenan (KSK) Moeldoko di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau, Sabtu (23/2/2019) pagi. Kunjungan tersebut dalam rangka peremajaan sawit rakyat dan penyerahan bantuan program keluarga harapan serta sertifikat tanah untuk rakyat setempat.

Rokan Hilir merupakan kabupaten pemekaran Bengkalis dengan luas 8.881,59 Km dan berpenduduk 477.919 Jiwa. Penduduknya terkosentrasi di dua kawasan, yakni pesisir pantai Sumatera dengan mata pencarian sebagai nelayan dan di kawasan lintas Trans Sumatera dengan mata pencarian sebagai petani. 

Rohil memiliki komoditas perkebunan cukup potensial, terutama sawit dan karet. Dari 2.424.525 hektare kebun sawit di Riau, hampir 11,62 persen atau 281.793 hektare berada di Rokan Hilir. Dari luas keseluruhan tanaman sawit rakyat yang mencapai 168.544 hektare itu, kurang lebih 10.500 hektare merupakan bekas Perkebunan Inti Rakyat (PIR) dengan umur tanam di atas 25 tahun dan perlu peremajaan.

Program peremajaan sawit rakyat yang dilaksanakan KUD Subur Makmur di Kepenghuluan Suka Maju dan Kepenghuluan Pelita ditandai dengan penanaman perdana seluas 266 hektare (105 KK) dan dilaunching oleh Presiden Jokowi, Mei 2018 lalu.

Selanjutnya, peremajaan dan penanaman perdana sawit rakyat tahap II seluas 420 hektare (167 KK) dilaksanakan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hari ini. Masyarakat Rokan Hilir boleh berbagga, karena masyarakat petani sawit tahun ini memperoeh program peremajaan yang dicanangkan melalui Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian dengan luas 2.677 hektare meliputi Kecamatan Balai Jaya, seluas 500 hektare, Bagan Sinembah 327 hektare, Tanah Putih 1.250 hektare dan Kecamatan Sinaboi seluas 600 hektare.

Di sisi lain, program sertifikasi tanah untuk masyarakat yang dicanangkan presiden Jokowi diyakini akan memberikan nilai ekonomi bagi rakyat. Adapun 996 sertifikat tanah untuk rakyat diserahkan secara simbolis kepada masyarakat oleh Moeldoko.

Pada kesempatan itu, Bupati Suyatno menyampaikan apresiasinya atas perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Rohil. "Semoga program Nawacita presiden Jokowi di berbagai bidang dapat menggerakan sektor ekonomi masyarakat," harapnya. (*)

 
 
 

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kabag Humas dan Protokol Hermanto melalui Kasubag Humas Hasnul Yamin


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus