Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Kolom

Kualitas SDM dan Bantuan Pemerintah

Rabu, 05 Desember 2012


Oleh: Adhytia Syayendra

Pendidikan adalah kepentingan publik yang harus diprioritaskan oleh pemerintah. Karena pendidikan merupakan salah satu pondasi sebuah negara. Artinya, bila pondasi negara itu kokoh, maka negara tersebut juga akan kuat. Maka itu, pendidikan bermakna penting bagi sebuah negara, terutama dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang merupakan pondasi utama dari sebuah negara. 

Intinya, maju atau tidaknya sebuah negara atau daerah bergantung kepada sumber daya manusianya. Dewasa ini, tolak ukur sumber daya manusia Indonesia sekarang diwarnai mahasiswa yang merupakan kader bangsa dalam merealisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia dimasa datang. Cita-cita bangsa dimaksud adalah mengentaskan kemiskinan dan kebodohan.

Dalam pergerakannya, mahasiswa bergerak dalam berbagai organisasi, mulai organisasi kampus sampai organisasi non kampus. Salah satunya adalah Himpunan Mahasiswa Rokan Hulu-Riau (Himarohu-Riau). Keberadaan Himarohu Riau secara kelembagaan telah menampung aspirasi mahasiswa Rokan Hulu yang melanjutkan studi di Pekanbaru.

Himarohu-Riau adalah wadah aspirasi mahasiswa dalam membangun hubungan korelasionis antara mahasiswa dan Pemkab Rokan Hulu. Dalam kaitannya dengan pendidikan, Himarohu minta perhatian serius Pemkab Rohul dalam mengambil setiap kebijakan dan dukungan terhadap kemajuan pendidikan dan keberadaan kelompok mahasiswa asal Rohul yang menuntut ilmu diberbagai tempat.

Perhatian dimaksud tentunya realisasi subsidi pendidikan yang sudah dialokasikan melalui APBD dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa yang sedang studi. Dalam hal ini, Himarohu mengajak Pemkab Rokan Hulu agar mau mengalokasikan dana subsidi pendidikan dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa demi terciptanya generasi Rokan Hulu yang cerdas secara intelektual seperti yang dilakukan kabupaten lainnya di Riau.

Sebab saat ini, Pemkab Rokan Hulu sama sekali tidak ada memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa demi kemajuan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia Indonesia, khususnya Rokan Hulu.

*Ketua Umum Himarohu-Riau


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus