Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Kuansing Juru Kunci Peringkat UN SMP di Riau, Inilah Hasil Evaluasi ISPP

Minggu, 27 Mei 2018

ilustrasi.(Foto: Istimewa)

KUANSING-Tahun ini, Kabupaten Kuantan Singingi menempati posisi juru kunci dari 12 kabupaten/kota di Riau untuk raihan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat. Hasil tak memuaskan tersebut menarik perhatian Ikatan Sarjana Peduli Pendidikan (ISPP) Kuansing yang langsung melakukan evaluasi dan kajian untuk mencari solusi perbaikan.

Ketua ISPP Kuansing Rizki Erlando SPd mengatakan, ada beberapa solusi untuk mengangkat kualitas pendidikan di Kuansing. Pertama menyadari bahwa prestasi itu penting, tapi kejujuran juga harus menjadi faktor utama dalam menghadapi ujian nasional.

"Saya yakin guru dan sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin, tanpa melakukan kecurangan, seperti memberikan peserta ujian kunci jawaban demi meraih peringkat tertinggi di Riau," ujar Rizki kepada FokusRiau.Com, Minggu (27/5/2018) .

Riski sangat mengapresiasi kejujuran tersebut. Walaupun demikian, pihaknya menyarankan pemerintah segera melakukan evaluasi menyeluruh. Karena tahun ini, posisi Kuansing turun dua level ke posisi terakhir.

Dulu Kuansing berada pada posisi 10 dan sekarang 12. "Untuk tahun depan, kita minta agar Dinas Pendidikan lebih mempersiapkan peserta didik, seperti memaksimalkan jadwal les tambahan dan lebih memotivasi mereka untuk lebih giat belajar," ujarnya.

ISPP juga meminta koordinasi Dinas Pendidikan dengan komisi A sebagai mitra kerja. "Saya berharap, terkait regulasi guru dan kesejahteraan guru lebih diperhatikan. Sebab dari hasil pengamatan kami, ada beberapa sekolah yang kekurangan tenaga pendidik, seperti SMP 003 Indarung dan SD 006 Desa Setiang, Kecamatan Pucuk Rantau," tukasnya.

Dirinya juga berharap pemkab dan dewan lebih kompak memajukan sektor pendidikan dan tidak saling menyalahkan. (rilis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus