Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Kunjungi Kota Dumai Riau, Menteri Pariwisata Arief Yahya Kenakan Tanjak Melayu

Selasa, 20 Agustus 2019

Menteri Erief Yahya ke Kota Dumai. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Menteri Pariwisata Arief Yahya mengunjungi Kota Dumai, Selasa (20/8/2019). Begitu tiba di Bandara Pinang Kampai Dumai, Arief disambut Walikota Zulkifli AS dan langsung memasangkan tanjak serta mengalungkan rangkaian bunga dengan diiringi tabuhan musik tradisional Kompang.

Bagi masyarakat Melayu, Tanjak merupakan ciri khas yang sudah ada sejak bumi terbentang. Tanjak merupakan salah satu kekhasan pakaian para lelaki di Melayu. Tanjak adalah kain yang dililitkan di kepala. Meski bentuknya beragam dan beraneka macam, namun seluruh lelaki Melayu hampir memakai ini pada masa dahulu. 

Sekarang, tanjak digunakan dalam acara perhelatan dan adat seperti kenduri kawin dan lain sebagainya. Di berbagai daerah, Tanjak kembali dipopulerkan dan menjadi ciri serta simbol adat Melayu. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dumai Fauzi Efrizal mengatakan, kedatangan Menteri Arief ke Dumai disambut dengan adat Melayu, salah satunya memasangkan Tanjak diiringi musik kompang. 

Sebelum tiba di Dumai, Menteri Arief menyempatkan diri meninjau lokasi KEK di Desa Cingam, Kabupaten Bengkalis. Menteri Arief didampingi Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizki Rahman, Kepala Biro Kumunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti, Staff Khusus menteri Bidang Komunikasi M Nur Sardono dan Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal.

Ada tiga tempat yang dikunjungi Menteri selama di Kota Dumai. Pertama, Pelabuhan Bandar Sri Junjungan di Kelurahan Purnama. Kedua, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai dan terakhir Bandar Bakau di Jalan Nelayan Laut.

Dari Dumai, Menteri Arief Yahya dan rombongan bertolak menuju Kabupaten Kuansing untuk menghadiri pembukaan Festival Pacu Jalur. (*)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus