Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Kunjungi Riau, Kapolri Perintahkan Polda Riau Tindak Tegas Pembakar Lahan

Selasa, 13 Agustus 2019

Kapolri kunjungi Riau. (Foto: Merdeka.com)

PEKANBARU-Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya menindak tegas pelaku dan perusahaan pembakar lahan. Hal itu disampaikan saat kunjungannya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo ke Pekanbaru, Senin (12/8/2019).

"Saya perintahkan Polda Riau ambil tindakan tegas. Proses hukum yang bakar, baik individu maupun korporasi," kata Tito di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Tito mengaku dapat informasi, kebakaran hutan dan lahan di Riau sengaja dibakar pihak tidak bertanggung jawab. Dia meminta agar tidak ada lagi ruang gerak bagi pelaku pembakaran tersebut.

"Tidak hanya perusahaan, perorangan juga harus ditindak tegas. Karena kebakaran lahan saat ini murni ulah manusia. Bahkan saya mendapat informasi, saat ini 90 persen kebakaran lahan penyebabnya manusia," tegas Tito.

Tito juga memerintahkan kepada anak buahnya untuk bertindak cepat. "Proses hukum yang bakar dengan cepat," kata Tito.

Sementara Panglima TNI Hadi Tjahjanto berjanji akan mengirim pesawat Hercules yang bisa melakukan water bombing atau bom air untuk mempermudah pemadaman api. "Kita ada upaya-upaya dengan mengerahkan Hercules untuk melaksanakan pengeboman dengan bola air," ujar Hadi.

Dikatakan, berdasarkan data BMKG, cuaca di Riau akan cenderung panas hingga akhir Oktober 2019. Karena itu, pihaknya akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menghasilkan hujan buatan. Itu akan dilakukan pada awal bulan mendatang. Karena hujan buatan sangat tergantung cuaca.

"Kemungkinan curah hujan itu akan bisa kita kelola untuk TMC pada awal Oktober. Bulan ini sampai Oktober mengalami kekeringan. Sehingga upaya kita adalah melaksanakan water bombing," bebernya. (*)





Editor: Evi Endri
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus