Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Kurir 1 Kg Sabu dan 957 Butir Ekstasi Diamankan, AKBP Abas: Masuk Jaringan Internasional

Rabu, 14 Maret 2018

Pelaku dan barang bukti narkoba diamankan. (Foto:Merdeka.Com)

BENGKALIS-Kepolisian berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu di Kabupaten Bengkalis, Riau. Dua pengedar berinisial DG (48) dan HW (29) ditangkap dari lokasi berbeda.

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni menyebut, selain 1 kg sabu dan 957 butir pil ekstasi, polisi turut menyita barang bukti mobil Xenia, dua HP dan kaca pirex serta pipet yang digunakan untuk mengkonsumsi sabu. "Kedua pelaku sudah ditahan untuk penyidikan dan pengembangan. Dari barang bukti, mereka termasuk jaringan narkoba internasional," kata AKBP Abas, Selasa (13/3/2018).

Dikatakan, tersangka DG merupakan warga Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Sedangkan HW merupakan warga Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis. Penangkapan keduanya bermula saat polisi berpatroli dan melihat mobil Xenia yang mencurigakan berhenti di Jalan Lintas Sungai Pakning-Dumai, tepatnya di Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Senin (12/3/2018) sekitar pukul 23.00 Wib malam. 

Polisi kemudian menyetop pengendara mobil itu untuk diperiksa. "Saat ditanya, tiba-tiba salah seorang pelaku melarikan diri dan membuang sebuah plastik. Petugas pun mengecek isi plastik itu dan ternyata ada sabu 1 kg dan alat hisapnya," kata kapolres.

Sementara tersangka DG yang masih berada dalam mobil ditahan polisi untuk kemudian dibawa ke Mapolsek Bukit Batu untuk menjalani pemeriksaan. Kepada polisi, DG mengaku datang dari Pekanbaru ke Sungai Pakning disuruh untuk menjemput pil ekstasi dan sabu dari seseorang yang tidak dikenalnya.

Setelah mendapat informasi itu, polisi langsung melakukan pengembangan penyelidikan untuk menangkap pelaku lain. Kemudian petugas memancing dengan cara akan membeli sabu dan ekstasi itu dari kurir jaringan mereka. Namun kurir tersebut mengatakan bahwa barang itu sudah diletakkan di lokasi lain, dan tidak mau menyerahkan secara langsung.

"Lalu personel Polsek Bukit Batu membawa tersangka DG untuk melihat dan mengambil barang tersebut dan benar ada ditemukan bermacam barang bukti narkoba. Tidak puas dengan hasil itu, petugas mengejar ke Bengkalis dan berhasil menangkap tersangka HW," urai AKBP Abas dikutip FokusRiau.Com dari merdeka.com.

Setelah diinterogasi, HW mengaku berperan sebagai orang yang meletakkan barang tersebut di Simpang Pelabuhan Roro Desa Sungai Selari Pakning. Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Bukit Batu.

"Petugas juga mengembangkan dari mana asal sabu ini diperoleh, dan akan diedarkan kemana saja. Itu masih kita selidiki," kata alumni Akademi Kepolisian tahun 1996 tersebut. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus