Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Lapas Klas IIA Pekanbaru Ditembak Orang Tak Dikenal, Tak Ada Korban Jiwa

Minggu, 08 Juli 2018

Tim Identifikasi melakukan olah tempat kejadian perkara. (Foto:Kompas.com)

PEKANBARU-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Gobah, Pekanbaru, Riau, Minggu (8/7/2018) pagi ditembaki oleh orang tak dikenal. Insiden penembakan terjadi dua kali. Pertama pukul 03.30 WIB. Kedua pukul 04.00 WIB atau selang setengah jam kemudian.

Kapolsek Bukit Raya Kompol Pribadi menyebut, sedikitnya terjadi lima kali tembakan yang menyasar Lapas di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Gobah tersebut. "Tembakan pertama terjadi pukul setengah empat pagi. Ada tembakan sekali. Setengah jam berikutnya ada empat tembakan beruntun," kata Kompol Pribadi.

Saat tembakan pertama pukul 03.30 WIB, petugas jaga yang berada di dalam Lapas sempat mendengar. Mereka keluar untuk memastikan suara ledakan. Namun, petugas tidak menemukan hal mencurigakan, termasuk peluru yang melobangi salah satu jendela kaca bagian depan. "Petugas masuk, kemudian menutup kembali pintu jaga," ulasnya.

Namun selang setengah jam kemudian terjadi empat tembakan yang menyasar ke bagian pintu pelayanan. Pribadi mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut.

Dijelaskan, penembakan terjadi saat petugas Lapas sedang beristirahat. Tak lama kemudian, terdengar suara tembakan dari luar. "Petugas jaga Lapas awalnya mengira listrik mati. Setelah dicek ternyata tidak. Kemudian petugas menutup pintu depan kembali. Setengah jam setelah itu, terdengar suara tembakan beruntun," kata Pribadi.

Setelah petugas mengejar keluar, tidak ada satu orang pun atau kendaraan yang terlihat di depan Lapas. Bahkan situasi saat itu sepi. "Tembakan dilakukan pelaku diduga dari pinggir jalan. Sebab dua selongsong di temukan di tepi jalan," ujarnya. 

Dia memastikan, tidak ada petugas Lapas yang terluka akibat tembakan tersebut. Hanya saja kaca bagian dalam ruang pelayanan publik pecah. Terkait selongsong peluru yang ditemukan, kepolisian belum bisa mengidentifikasi. Sebab tidak ada kaliber yang tertulis pada amunisi tersebut. 

"Proyektil dan selongsong akan kita serahkan ke ahlinya untuk diperiksa," kata Pribadi. Hingga saat ini, petugas kepolisian masih menyelidiki pelaku penembakan Lapas Pekanbaru. "Pelaku sedang diselidiki. Kita sudah meminta keterangan sejumlah saksi," tukasnya.

Saat ini, polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Tampak belasan petugas kepolisian bersenjata lengkap juga berada di lokasi untuk mengamankan Lapas Pekanbaru. (*)





Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus