Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Kuansing

Launching Aplikasi IPJKS, Bupati Mursini: Sangat Membantu Promosi Budaya Pacu Jalur

Minggu, 13 Agustus 2017

Bupati Mursini memotong pita peresmian aplikasi IPJKS. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Berawal dari kumpulan para pencinta, pemerhati dan penggemar pacu jalur yang tergabung dalam grup facebook, kemudian berkembang menjadi komunitas dengan nama Informasi Pacu Jalur Kuantan Singingi (IPJKS). Komunitas inilah yang kemudian terus dan launching, Sabtu malam di taman jalur Teluk Kuantan. 

Komunitas yang telah mencapai anggota sekitar empat ribuan orang ini, membuat terobosan baru melalui aplikasi android. Dimana setiap orang bisa mendapatkan informasi tentang pacu jalur dengan cara membuka aplikasi tersebut.

Admin IPJKS Junaidi SE menjelaskan, cara membuka aplikasi ini dengan mengklik play store kemudian ketik IPJKS. Nanti akan dijumpai aplikasi dan fitur tentang berbagai macam informasi tentang pacu jalur.

"Ada radio, berita, youtube dan undian pacu jalur. Tahun depan, bila Pemkab Kuansing dan Pemprov Riau berkenan membantu akan kami buat tv live streaming," ujar Junaidi kalau launching IPJKS, tadi malam.

Salah seorang Netizen mengatakan, Junaidi beserta rekan-rekan terus berinovasi mengikuti perkembangan dan tantangan teknologi, demi rasa cinta kepada pacu jalur tersebut. Sebagai anak Negeri Pendekar (Pangean) yang sudah aral melintang di komunikasi sosial kemasyarakatan, dirinya berupaya memberikan manfaat kepada orang banyak sesuai kapasitas dan kamampuan beliau.

Sementara Bupati Mursini saat menghadiri launching atas nama pribadi dan pemerintah mengapresiasi aplikasi IPJKS. Dengan aplikasi IPJKS tersebut, penggemar pacu jalur yang tidak sempat menyaksikan pacu jalur secara langsung bisa melihat dan  mendengarkan secara langsung siaran pacu jalur.

"Ini sudah saya buktikan sewaktu penyelenggaraan pacu jalur rayon empat Sentajo Raya. Waktu itu saya sedang berada di Jogyakarta, melalui aplikasi ini yang dihubungkan langsung ke radio di mobil yang kami pakai, saya bisa mendengarkan langsung pacu jalur hingga selesai," katanya.

Jadi, kehadiran IPJKS sangat membantu dalam mempromosikan budaya pacu jalur ke masyarakat dunia. Sehingga pacu jalur ini benar-benar dikenal sebagai warisan budaya leluhur yang ada di Kuantan Singingi. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus