Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Lepas 252 JCH Siak, Bupati Syamsuar: Animo Masyarakat Untuk Berhaji Tinggi!

Selasa, 25 Juli 2017

Bupati Syamsuar memberikan arahan dihadapan JCH. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Sebanyak 252 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Siak yang tergabung dalam kloter 6 tanggal 3 Agustus mendatang akan berangkat menuju embarkasi Batam melalui pelabuhan Buton. Dari Batam, para jamaah akan diterbangkan menuju Bandara Internasional King Abdullah Madinah.

Sebelum berangkat, para JCH dilepas secara resmi oleh Bupati Syamsuar di Masjid Sultan Syarif Hasyim, Komplek Islamic Centre. Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah tampak mendampingi bupati bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Siak Muharrom dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Umroh Kemenag Siak Muhyaruddin SAg.

Muharrom mengatakan, jamaah calon haji Siak akan menempati kloter awal. Karena pengurusan administrasinya lebih cepat dituntaskan. Dari jumlah JCH 254, angkanya berkurang 2 menjadi 252, karena yang 1 meninggal dunia dan 1 nya lagi menunda keberangkatan. "Para jamaah calon haji harus mengikuti sistem dan mekanisme yang telah ditetapkan, tidak bisa bertindak seenaknya dan harus mengikuti aturan yang ada. Karena JCH ini diberangkan haji bukan berangkat haji," urainya.

Dijelaskan, jamaah lelaki termuda tahun ini adalah Dr. Hendri bin Abdul Malik berumur 34 tahun asal Kecamatan Siak dan jamaah termuda wanita adalah Sri Windari berumur 35 tahun dari Koto Gasib. Sementara jamaah tertua pria berumur 83 tahun, dan jamaah tertua wanita berumur 77 tahun dari Bungaraya.
Sedangkan rincian data JCH Kabupaten Siak perkecamatan di antaranya Kecamatan Tualang 37 orang, Kerinci Kanan 39 orang, Dayun 49 orang, Bungaraya 8 orang, Siak 25 orang termasuk tim kesehatan dan pendamping, Mempura 7 orang, Sungai Apit 25 orang, Pusako 2 orang, Minas 7 orang, Kandis 8 orang, Lubuk Dalam 17 orang, Koto Gasib 8 orang, dan Sabak Auh sebanyak 20 orang.

Sementara itu, Bupati Syamsuar mengatakan, pemerintah berkewajiban untuk memberikan arahan, bimbingan dan fasilitasi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Siak yang akan menunaikan ibadah haji. Sehingga seluruh proses dan rangkaian pelaksanaaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

"Kita patut bersyukur, karena Siak termasuk daerah yang masyarakatnya memiliki animo yang sangat tinggi dalam menunaikan ibadah haji. Terbukti tingginya daftar tunggu yang ada dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Kementerian Agama," ujarnya.

Diingatkan, jamaah menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup, karena menurut informasi yang diterimanya Negara Yaman yang berdekatan dengan Arab Saudi sedang mewabah virus kolera. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus