Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Lewat Program DMIJ, Desa Sungai Simbar Inhil Targetkan Perbaikan Akses Jalan

Sabtu, 31 Desember 2016

Tanggul penahan tanah badan jalan. (Foto:Istimewa)

SUNGAI SIMBAR-Jalan merupakan infrastruktur utama bagi kebutuhan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan. Sering dan acap kali desa-desa kurang diperhatikan.

Seperti di Desa Sungai Simbar, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pemerintah desa setempat menargetkan, seluruh akses jalan yang ada di wilayahnya bagus dan nyaman dilalui masyarakat.

"Jalan adalah prioritas pembangunan kita. Karena masyarakat kita rata-rata adalah pekebun kelapa. Mereka membutuhkan akses jalan yang bagus untuk mengangkut hasilnya. Jadi karena itu jalan salah satu yang prioritas," kata Pjs Kades Sungai Simbar, Rahimah kepada wartawan, kemarin.

Untuk mendapatkan jalan yang bermutu itulah, Pemdes Sungai Simbar membuat tanggal penahan tanah badan jalan. Dengan begitu diharapkan membuat jalan akan bertahan karena tanahnya tak mudah runtuh. 

"Untuk penimbunannya sendiri, kita lakukan swadaya. Setiap masyarakat yang tanahnya dilewati jalan yang ditanggul itu diwajibkan untuk menimbun tanahnya. Masyarakat semua setuju dan semangat. Hal ini tentu tak lepas karena pembangunan saat ini memang sedang giat-giatnya," imbuh Rahimah.

Pembangunan demi pembangunan yang dijalankan Pemerintah Desa Sungai Simbar, kata Rahimah, tidak terlepas dari gagasan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dari Pemkab Inhil. Kemudian ditambah bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat.

Tahun ini, menurut Rahimah juga ada beberapa paket jalan yang dibangun. "Memang belum seluruhnya yang bisa kita capai, tetapi kita akan terus memprogramkan pembangunannya," ulas Rahimah.

"Untuk itu, kita sangat mengharapkan program DMIJ dan bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat ini terus dilanjutkan. Kita juga meminta dengan sangat komitmen dari Pak Bupati Wardan untuk melanjutkan program ini," harapnya. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus