Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Liga Champions: Barcelona Hancurkan Chelsea 3-0 di Camp Nou

Kamis, 15 Maret 2018

Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Chelsea. (Foto: Reuters)

BARCELONA-Tim Catalan Barcelona menghancurkan Chelsea di Camp Nou. Penghancuran diawali dari gol cepat Lionel Messi, membuat Blaugrana menghabisi The Blues 3-0 dan melangkah ke perempatfinal Liga Champions.

Barcelona menjamu Chelsea di Camp Nou, Kamis (15/3/2018) dinihari WIB pada leg kedua babak 16 besar. Skuat besutan Ernesto Valverde ini sebelumnya punya bekal gol tandang usai berimbang 1-1 di Stamford Bridge.

Posisi Barcelona makin bagus saat Messi sudah membawa mereka unggul di menit ketiga. Di menit ke-20, Messi memberikan pukulan lain saat menyodorkan assist untuk Ousmane Dembele mencetak gol.

Di babak kedua, Barcelona nyaman memegang kendali permainan. Saat Chelsea baru lebih agresif menekan, Messi mencetak gol keduanya di laga ini dan membawa skor menjadi 3-0. Hasil ini bertahan sampai pertandingan bubar. Barcelona pun lolos ke perempatfinal dengan kemenangan 4-1 secara agregat.

Baru tiga menit berjalan, Barcelona sudah unggul. Umpan Ousmane Dembele membentur Marcos Alonso dan mengarah ke Luis Suarez. Suarez lalu menyodorkannya ke Lionel Messi yang menusuk di sisi kanan. Dari sudut sempit, Messi melepaskan sepakan mendatar dengan kaki kanan. Bola meluncur melewati kedua kaki Thibaut Courtois.

Di menit kelima, Chelsea mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri. Willian mengarahkan bola mendatar ke tiang dekat, tapi berbelok ke kiri gawang usai mengenai pemain Barcelona dan cuma menghasilkan korner.

Chelsea mulai menekan Barcelona lebih agresif dan jauh ke pertahanan mereka. Tembakan Olivier Giroud dari dalam kotak penalti menyambar bola dari Antonio Ruediger cuma melebar tipis. belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

Pressing Chelsea cukup merepotkan Barcelona. Di menit ke-13, Willian melepaskan sepakan tapi masih mudah diamankan Marc-Andre ter Stegen. Saat baru menikmati momen merepotkan Barcelona, Chelsea malah kembali kebobolan. Di menit ke-20, Fabregas kehilangan penguasaan di tengah dan kemudian bola dikuasai Messi.

Messi melewati dua pemain, lalu memberikan umpan ke sisi kanan di mana Dembele berlari bebas. Dembele sempat mengontrol, lalu melepaskan tembakan keras yang tak kuasa dibendung Courtois.

Sebuah kerja sama apik ditunjukkan Barcelona di sisi kiri pada menit ke-26. Andres Iniesta merangsek ke dalam kotak penalti, lalu mengecoh dua pemain Chelsea dengan umpan tumit ke Suarez. Suarez coba menuntaskannya, tapi terhalau oleh Courtois.

Di menit ke-33, Barcelona punya kesempatan lain. Dari tendangan bebas di sisi kanan, Messi mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti. Bola mengarah ke Gerard Pique, tapi bek Barcelona ini gagal menyonteknya dengan sempurna ke arah gawang.

Chelsea merespons empat menit berselang. Willian menusuk di sisi kiri lalu memberikan umpan tarik yang disambar Alonso. Tembakannya mengarah ke Ter Stegen dan ditepis. Di menit ke-38, giliran N'Golo Kante merangsek dari tengah. Dari dalam kotak penalti, upayanya cuma melebar ke kanan.

Pada menit terakhir babak pertama, Chelsea mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Barcelona. Alonso maju dan mengarahkan tembakan ke sisi kanan atas, cuma bola meluncur sedikit lebih ke kanan dan mengenai sisi luar tiang gawang. Babak pertama berakhir.

Dua menit babak kedua berjalan, Courtois nyaris melakukan kesalahan fatal. Umpan pendeknya terlalu ceroboh sehingga direbut Suarez. Beruntung baginya, tembakan Suarez tak terlalu sulit untuk diredam. Di menit ke-49, Dembele melakukan tekel krusial di saat-saat terakhir untuk mencegah Alonso menembak di dalam kotak penalti.

Tak lama kemudian, Chelsea mengklaim penalti tapi tak diberikan wasit. Alonso lolos dari jebakan offside dan menerima bola di tengah kotak penalti, sebelum kemudian terjatuh di bawah tekanan Pique.

Chelsea terus menekan Barcelona dengan agresif, tapi kesulitan mendapatkan peluang bersih. Malah kemudian tim tamu kembali kebobolan.

Di menit ke-63, Barcelona melakukan serangan cepat. Suarez menyodorkan bola ke Messi saat memasuki sepertiga akhir. Messi menggiringnya hingga sisi kiri di dalam kotak penalti, lalu menuntaskannya dengan tembakan mendatar. Bola kembali meluncur di sela-sela kaki Courtois.

Barcelona mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan pada menit ke-79. Messi coba mengarahkan tembakan langsung, tapi membentur pagar pemain dan ditepis Courtois. Dari sepak pojok di menit ke-84, Paulinho mendapatkan peluang. Umpan lambung Aleix Vidal ditanduknya dengan leluasa ke arah gawang, memaksa Courtois melakukan penyelamatan.

Di menit ke-89, Chelsea nyaris memperkecil ketertinggalan. Sepak pojok Fabregas disambar Ruediger dengan sundulan. Bola meluncur deras dan menghantam mistar gawang. Pertandingan selesai tanpa ada gol lain.(detikcom/boy surya hamta)

Susunan pemain:
Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ousmane Dembele (Aleix Vidal 67'), Sergio Busquets (Andre Gomes 62'), Ivan Rakitic, Andres Iniesta (Paulinho 56'); Lionel Messi, Luis Suarez

Chelsea: Thibaut Courtois; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Victor Moses (Davide Zappacosta 67'), Cesc Fabregas, N'Golo Kante, Marcos Alonso; Willian, Eden Hazard (Pedro 82'); Olivier Giroud (Alvaro Morata 67')


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus