Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Lolos Verifikasi Administrasi, PSI Pekanbaru Optimis di Faktual

Minggu, 17 Desember 2017

Pencabutan undian sampel data kader PSI untuk verifikasi faktual.(Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Setelah sukses melewati tahapan verifikasi administrasi yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Pekanbaru optimis lolos untuk tahapan selanjutnya, verifikasi faktual.

Dalam verifikasi administrasi, PSI Pekanbaru memasukkan sebanyak 1013 berkas. Sedangkan syarat minimal sesuai jumlah 1/1000 penduduk Pekanbaru sebanyak 887. 

"Kita sangat yakin lolos tahapan verifikasi faktual keanggotaan dan pengurusan nanti. Kalau untuk kader, kita siap," kata Karnoto GS, Ketua PSI Pekanbaru didampingi Sekretaris PSI Pekanbaru, Bakhtiansyah.

Yang menjadi masalah dalam verifikasi faktual nanti, Pokja KPU tidak menjumpai kader yang diundi sebelumnya. Apakah itu kader ini nantinya sedang tidak berada di tempat, seperti sedang bekerja atau ada keperluan lain. Namun itu, KPU masih memberikan kesempatan untuk menghadirkan yang bersangkutan ke kantor KPU.

"Ini yang membuat kita sangat yakin lolos dalam tahapan verifikasi faktual. Karena semua kader PSI Pekanbaru sudah kita data kembali dan komunikasi tidak putus, mereka menyatakan sangat siap," tambah Bakhtiansyah.

Tahapan verifikasi faktual yang dilaksanakan oleh KPU, dimulai sejak diumumkannya hasil verifikasi administrasi, 15 Desember 2017 lalu. Tahapan verifikaisi faktual akan berakhir pada 14 Januari 2018. KPU Pekanbaru sendiri telah melaksanakan pencabutan undian sampel data kader pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan 12 partai, Sabtu (16/12/2017). PSI Pekanbaru sendiri mendapat no urut 4.

"Artinya, verifikasi faktual keangotaan akan dimulai dari no 4, 14 24 dan seterusnya sampai nomor urut 1012, sesuai berkas keanggotaan yang kita masukkan ke KPU," terang Karnoto.

"Dengan data PSI sebanyak 1013 tadi, berarti ada 101 sampling yang akan didatangi Pokja KPU untuk melakukan verifikasi faktual. Sedangkan minimal adalah 88 yang harus memenuhi syarat," kata Karnoto lagi.

"Tapi kita sangat yakin sekali PSI lolos verifikasi faktual nanti," tegas Sekjen PSI Pekanbaru, Bakhtian Syah menambahkan.(andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus