Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Mahasiswa KKN UIN Suska Taja Penyuluhan Pengolahan Limbah Pasar dan Peternakan di Batang Duku

Rabu, 08 Agustus 2018

Masyarakat antusias mengikuti penyuluhan. (Foto:Asih Amalia/FokusRiau.Com)

BENGKALIS-Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) di Desa Batang Duku menggelar penyuluhan tentang pengolahan limbah pasar dan peternakan. Penyuluhan berlangsung di aula Kantor Desa Batang Duku yang menghadirkan kepala Desa Batang duku, Camat Bukit Batu, BPD, Babinkamtibmas dan masyarakat.

Penyuluhan dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengolah limbah pasar dan peternakan, sebagai usaha baru masyarakat yang diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat. 

Penyuluhan menghadirkan Kepala UPT Pengolahan sampah Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis Ijatmiko sebagai narasumber. "Sampah atau limbah tidak selalu negatif, namun bisa mempunyai nilai positif, seperti ekonomis. Sehingga memberi keuntungan bagi masyarakat itu sendiri," ujar Ijatmiko. 

Tidak hanya itu,  penyuluhan pengolahan limbah pasar dan peternakan bertujuan untuk menumbuhkan sikap masyarakat Batang Duku agar lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungannya. 

Penyuluhan yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut ternyata mampu menarik perhatian masyarakat, karena sebagian masyarakat di Batang Duku ternyata memiliki ternak dan selama ini tak tahu bagaimana mengolah limbah ternaknya. 

"Penyuluhan ini bermanfaat untuk menjawab keluhan masyarakat yang bingung mau dikemanakan kotoran ternaknya. Karena itu, penyuluhan ini sangat bermanfaat, sehingga kotoran yang selama ini dianggap limbah tak bermanfaat sekarang bisa memiliki nilai ekonomis," ungkap Haryanto, salah seorang mahasiswa KKN UIN Suska Riau. (*)





Penulis: Asih Amalia
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus