Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Mahasiswa Kukerta UR Gelar Pelatihan Produk Perikanan di Rawang Kao Barat

Senin, 29 Juli 2019

Foto bersama Mahasiswa UR yang sedang Kukerta. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (Kukuerta) Tematik di Rawang Kao Barat, Lubuk Dalam, Kabupaten Siak menggelar pelatihan produk perikanan. 

Pelatihan meliputi cara pembuatan stik ikan teri dan kerupuk amplang. Pelatihan diberi nama Pengolahan Berbasis Perikanan Untuk Industri Rumah Tangga Masyarakat dengan 20 orang peserta yang merupakan ibu-ibu PKK Rawang Kao Barat. Sedangkan materi yang diberikan penyuluhan dan praktek pembuatan stik ikan teri dan pembuatan amplang ikan.

Pelatihan berlangsung di Kampung Rawang Kao Barat menghadirkan narasumber Sumarto SPi MSi. Sumarto merupakan Dosen Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau sekaligus DPL Mahasiswa Kukerta.

Usai pelatihan, Sumarto mengatakan, produk tersebut dapat dijadikan makanan jajanan kaya akan gizi bagi anak sekolah. Selain itu, juga sebagai usaha kecil industri rumah tangga yang sudah bisa menambah pendapatan keluarga.

"Kita berharap dengan pelatihan ini, ibu-ibu bisa memaksimalkan waktu menjadi lebih berguna. Dengan memanfaatkan hasil asli daerah (ikan), mereka dapat menambah penghasilan untuk peningkatan ekonomi keluarga," ujar Sumarto.

Rizky Syafrinaldi selaku koordinator desa didampingi ketua panitia pelaksana Rizki Ramadan mengatakan, di Rawang Kao Barat memang perlu pengembangan potensi perikanan. Sebab, dengan hasil yang mumpuni, ikan yang diolah, baik menjadi stik maupun amplang, bisa menambah pendapatan. Serta, bisa pula memberikan makanan alternatif bagi anak yang penuh akan gizi.

"Sengaja kita datangkan narasumber (Sumarto) yang ahli pada bidangnya. Kita ingin menggerakkan kreativitas ibu-ibu PKK di sini (Rawang Kao) Barat," ujar Rizky.

Sri Herniwati SPd, Ketua Tim Penggerak PKK Rawang Kao Barat mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa Kukerta dan narasumber Sumarto. Menurut Sri, kegiatan yang digelar tersebut sangat baik. Sri berjanji, materi pelatihan yang telah diberikan akan dikembangkan di tingkat ibu-ibu PKK se Kampung Rawang Kao Barat.

"Kita harap ada pembinaan berkelanjutan. Kami ucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan, semoga bermanfaat untuk kita semua," ujar Sri. (*)





Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus