Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Mahasiswa UR Lakukan Penanaman 1000 Pohon di Kampung Pangkalan Pisang Siak

Senin, 05 Agustus 2019

Para mahasiswa menanam pohon. (Foto:Istimewa)

SIAK-Tim Kukerta Tematik Universitas Riau (UR) melakukan penanaman 1000 pohon di Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Riau dan berlangsung 18-21 Juli 2019 di Dusun Suak Tandun, Sialang Tumbang, Rawa Tepak dan Rimbo Polon.

Rakha Magistra, Koordinator Desa Kampung Pangkalan Pisang menjelaskan, salah satu program kerja mahasiswa Kukerta adalah gerakan penghijauan. "Untuk itu, kami melakukan penanaman bibit pohon secara berkala di empat dusun yang ada di kampung ini,” tuturnya.

Kegiatan itu disambut baik Penanggung Jawab Penghulu Kampung Pangkalan Pisang, M. Asmara Syarief. Menurutnya, aksi peduli lingkungan ini penting demi menjaga keasrian lingkungan. Mengingat kampung ini kebanyakan ditanami sawit. Sehingga pohon teduhan ataupun pohon buah seperti yang ditanam sekarang sangat kurang.

Dalam kegiatan ini, tim membagikan lima jenis bibit pohon terdiri dari gaharu, trembesi, durian, nangka dan sirsak. Untuk Dusun Suak Tandun dan Sialang Tumbang, pembagian bibit diprioritaskan pada bibit gaharu dan trembesi, karena kedua dusun ini berada di pinggir jalan raya. Sehingga membutuhkan pohon peneduh jalan. 
"Sedangkan Dusun Rimbo Polon dan Rawa Tepak diprioritaskan untuk bibit pohon buah. Karena di dusun ini mayoritas masyarakatnya merupakan kelompok tani, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya," ujarnya.

Dalam pendistribusian bibit pohon ke masyarakat, tim Kukerta bekerjasama dengan Kepala Dusun dan Ketua RT mengajak warga mengambil bibit pohon yang telah disediakan. Selain itu, tim Kukerta melakukan sistem door-to-door ke rumah-rumah warga. Setiap warga dapat memilih jenis pohon apa yang ingin ditanam di pekarangan rumahnya masing-masing. 

Warga Kampung Pangkalan Pisang juga menyambut baik kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat terhadap banyaknya respon positif yang diberikan. 

Ruliyanto, salah satu warga Dusun Rimbo Polon, mengaku senang dengan program penanaman, karena manfaatnya dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat. 

Kepala Dusun Rawa Tepak Sumaryoto turut mengapresiasinya dan mengatakan, kegiatan mahasiswa membantu masyarakat berperan aktif terhadap gerakan penghijauan di Kampung Pangkalan Pisang.

"Diharapkan di masa datang, bibit yang ditanam dapat memberikan hasil bagi masyarakat sekitarnya, baik secara ekonomis maupun terhadap keasrian lingkungan sekitar," tukasnya. (*)




Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus