Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Maksimalkan Pelayanan, Pengelolaan Halte Trans Metro Pekanbaru Diusulkan Lewat Pihak Ketiga

Senin, 26 Februari 2018

Wisnu Harryanto. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Untuk memaksimalkan sarana dan prasarana angkutan Trans Metro Pekanbaru (TMP), pengelolaan halte yang ada sekarang direncanakan dikelola oleh pihak ketiga. Dengan begitu, halte akan lebih terawat dan terjaga. 

"Ada kontribusi untuk pihak ketiga yang melakukan perawatan halte, seperti nanti mendapat space iklan di halte tersebut dan lainnya," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Angkutan Perkotaan (PPAP) Dinas Perhubungan Pekanbaru Wisnu Harryanto kepada FokusRiau.Com, Senin (26/2/2018).

Saat ini beberapa halte telah dikelola pihak ketiga. Seperti halte TMP yang ada di depan BNI dan Bank Riau Kepri di Jalan Sudirman. Pihak ketiga berkewajiban merawat dan berhak mengisi space iklan di halte ini sehingga tidak lagi membebani pemko.

"Demikian juga dengan halte-halte lainnya, kita akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan. Ada hak dan kewajiban pengelola di sini," kata Wisnu lagi.

Diakui, halte yang ada saat ini memang kurang layak akibat dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dishub harus mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikan.

Setelah dikelola oleh pihak ketiga nantinya, diharapkan halte ini bisa terjaga dan dirawat lebih maksimal. Semua biaya perawatan dan perbaikan akan ditangung pihak ketiga. "Ini yang sedang kita usulkan agar pihak Trans Metro Pekanbaru tidak lagi terbebani dengan biaya perawatan dan perbaikan dan pihak ketiga juga mendapatkan kontribusi," kata Wisnu.

Saat ini operasional TMP masih disubsidi oleh Pemko. Dengan dialihkannya pegelolaan halte kepada pihak ketiga, diharapkan bisa menekan biaya. "Kita terus berupaya menekan subsidi dengan memaksimalkan pendapatan dari transmetro. Bahkan harapan ke depan TMP bisa mandiri tanpa perlu disubsidi," papar WIsnu.

Di tahun 2017 lalu, TMP Pekanbaru berhasil membukukan pendapatan hampir Rp12 miliar. Angka ini melampaui target. Hingga Februari 2018, penumpang TMP mencapai hampir 11.000 perhari. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang setiap harinya rata-rata mencapai 10.000 penumpang. Bersamaan itu, pihak pengelola pun terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Untuk memaksimalkan pelayanan, saat ini Dishub Pekanbaru terus melakukan kajian-kajian untuk membuka trayek-trayek baru pada daerah-daerah yang belum terjangkau. Di tahun 2018 ini Dishub juga mengajukan penambahan armada. (andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler
        Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
        Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
        Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
        Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
        Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus