Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Map Berisikan Surat Dukungan Kepala Daerah di Sumbar Untuk Jokowi Beredar

Selasa, 18 September 2018

Surat dukungan terhadap Jokowi beredar. (Foto:Istimewa)

PADANG-Selembar map berjudul “Pernyataan dan Dukungan” tengah beredar di kalangan kepala daerah, ketika pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto Deri Asta-Zohirin di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/9/2018). 

Map berisikan surat dukungan tersebut ditandatangani sejumlah kepala daerah berisi pernyataan dukungan dan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

Informasi yang diperoleh menyebut, dalam map kuning itu berisi beberapa lembar kertas dengan tiga butir pertanyaan. Dalam pengantarnya tertulis bahwa dinamika politik menjelang pelaksaaan Pemilu 2019 di Sumatera Barat menyebabkan munculnya berbagai pandangan dan sikap. Itu semua merupakan bagian dari proses pendekatan demokrasi yang tidak bisa dihindari.

“Karena itu, demi kelangsungan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai, tertib dan kondusif dan kami menyatakan, pemerintah daerah adalah bagian tidak terpisahkan dari pemerintah dalam mewujudkan tujuan NKRI yang terkamtub dalam UU 1945. Untuk mewujudkan tujuan negara tersebut. Kami mendukung penuh penyelenggaraan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang kami anggap berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia”.

Pada poin ketiga, para kepala daerah yang menandatangani pernyataan tersebut menyatakan berharap, keberhasilan itu dapat dilanjutkan kembali. “Kami juga berharap keberhasilan ini dapat dilanjutkan kembali oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, sehingga dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk di Sumatera Barat”.

Bupati Dharmasraya Sutan RIska, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan Bupati Pasaman Yusuf Lubis tampak ikut membubuhkan tandatangan dalam surat tersebut bersama kepala daerah lainnya. Surat tersebut dikabarkan sempat disodorkan ke Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. 

Setelah membaca isi surat, gubernur mengajak beberapa kepala daerah untuk berbicara di ruangan kerjanya secara tertutup. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga tampak berada dalam rombongan tersebut.

Diketahui, kepala daerah yang ikut masuk ke ruang kerja gubernur adalah Walikota Bukittinggi, Bupati Tanah Datar, Bupati Dharmasraya, Bupati Mentawai, Bupati Pasaman dan Bupati Pesisir Selatan. Ada sekitar 45 menit mereka berbincang.

Namun tidak diketahui jelas apa inti perbincangan. Apakah terkait map dukungan atau tidak. Ketika ke luar dari ruangannya, Gubernur Irwan Prayitno enggan berkomentar. Begitu juga dengan Bupati Pessel Hendrajoni yang langsung menjauh dari kerumunan wartawan. 

Hanya ada lima kepala daerah yang standby di pintu ruangan Gubernur Sumbar. Mereka adalah Bupati Tanah Datar Irdinansyah Turmizi, Bupati Dharmasyara Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wali kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Bupati Pasaman Yusuf Lubis.

Ketika ditanya apakah pembahasan terkait dukungan secara politik, Ramlan Nurmatias membantahnya. Namun demikian, Ramlan mengakui adanya penggalangan tandatangan. 

“Tapi itu untuk mengucapkan terima kasih kepada presiden yang telah mengucurkan dana dari berbagai program untuk daerah di Sumbar. Bukan deklarasi (dukungan untuk Pilpres 2019). Kami membahas bagaimana bantuan pusat kepada kepala daerah. Seperti Bukittinggi, dapat bantuan pasar terbakar lebih dari Rp300 miliar. Termasuk untuk Kawasan Mandeh, Tanah Datar serta Sijunjung. Itu semua ratusan miliar yang disiapkan," kata Ramlan.

Menurut Ramlan, sebagai kepala daerah, dirinya bersama beberapa wali kota dan bupati daerah lain merasa terbantu atas perhatian pemerintah pusat. Sehingga, pantas rasanya disampaikan rasa terima kasih kepada Presiden. "Posisi kami sebagai kepala daerah tidak boleh jadi tim kampanye. Sampai saat ini, tidak ada perkataan deklarasi. Kami hanya akan sampaikan terima kasih," sebutnya.

Terlepas dari ucapan terima kasih itu, Ramlan menegaskan, kepala daerah di Sumbar berkomitmen untuk menyukseskan Pilpres 2019. Dengan kata lain, pemilihan di Sumbar berjalan lancar. Soal dukung-mendukung Capres, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat. "Silakan masyarakat pilih yang disukai dan kami harap masyarakat cerdas memilih," tukasnya. (*)





 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Harianhaluan


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus