Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sumbar

Masuki Era New Normal, Sumatera Barat Gelar Simulasi Kunjungan Turis

Selasa, 02 Juni 2020

Wisatawan asal Cina berkunjung ke Sumbar sebelum pendemo Corona. (Foto:Istimewa)

PADANG-Memasuki era New Normal pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat, Dinas Pariwisata setempat mulai menggelar simulasi kedatangan wisatawan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, sesuai kewajiban new normal.

"Kami simulasikan dan dokumentasikan sebagai acuan bagi wisatawan serta pelaku usaha pariwisata di Sumbar bagaimana standar protokol kesehatan yang wajib dipenuhi saat era new normal," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, Selasa (2/6/2020).

Simulasi digelar dengan skenario dua orang warga Sumatera Barat yang selama ini tinggal di Jakarta hendak pulang kampung. Penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, jaga jarak hingga kewajiban mencuci tangan dilakukan dua warga tersebut juga oleh petugas bandara, rumah makan, objek wisata, sampai hotel yang ditemui. 

Menu prasmanan di hotel juga ditiadakan, demi menghindari antrean. Sebagai gantinya, tamu memesan dari mejanya. Menu berbentuk buku juga ditiadakan dan diganti dengan menu digital berupa scan barcode menggunakan telepon pintar.

"Kita berharap simulasi ini bisa menunjukkan bahwa Sumbar siap untuk menerima kunjungan wisatawan kembali setelah hampir dua bulan vakum. Namun, wisatawan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19," kata Agung. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus