Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Masyarakat Diminta Waspada, Suhu Pekanbaru Ekstrim

Selasa, 14 Mei 2013


PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru merilis, kondisi temperatur suhu Kota Pekanbaru dan sekitarnya akan ekstrim mencapai 35,5 derajat celsius.

Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Ferry Sitorus melalui Analisnya, Warih Budi Lestari mengatakan, temperatur mengalami kenaikan mulai hari Minggu (12/5) lalu yang sudah memasuki tahapan ekstrim 35,2 derajat celsius.

"Temperaturnya mencapai 35,5 derajat celsius dan ini merupakan cuaca ekstrim. Sepanjang Mei, suhu kali ini merupakan yang tertinggi dari sebelumnya," kata Warih, Selasa (14/5) di Pekanbaru.

Kondisi itu, menurut Warih, terjadi karena adanya gangguan tekanan rendah di sebelah barat Aceh. Jadi masa udara tertarik ke wilayah gangguan. Sementara untuk kondisi angin, umumnya bertiup dari arah Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 8-30 km/jam.  "Karena angin lapisan bawah agak kencang, dan pembentukan awan konvektif awan penyebab hujan menjadi terganggu," tukasnya.

Diprediksi, dalam dua hari ke depan kondisi panas akan tetap sama. Hanya saja temperature akan mengalami sedikit penurunan. "Peluang hujan sangat kecil, kalau ada pun hujan terjadi di pesisir pantai timur Riau," katanya. Karena kondisi panas yang terjadi akan sangat menyengat dirasakan  masyarakat Pekanbaru, BMKG mengimbau supaya masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. "Karena kondisi seperti ini bisa mengganggu kondisi kesehatan," tuturnya.

Selain itu, Warih mengingatkan supaya masyarakat waspada terhadap pembakaran hutan dan lahan. Karena kondisi panas terik seperti ini sangat mudah menjalar api. "Waspadai saja kebakaran hutan dan lahan, karena dapat menimbulkan masalah baru, seperti asap kabut," ujarnya. (btr/rik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus