Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Masyarakat Pekanbaru Riau Harus Rela Salat Idul Adha Bersama Kabut Asap

Minggu, 11 Agustus 2019

Sebagian jamaah salat idul adha menggunakan masker. (Foto:Antara)

PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru, Riau harus rela melaksanakan salat Idul Adha bersama kabut asap. Seperti di halaman Masjid Raya Annur, ribuan masyarakat salat di tengah pekatnya asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu pagi.

Terlihat sejumlah jamaah membawa masker sendiri dari rumah, meski panitia juga menyediakan dan membagikan masker kepada jamaah. “Sebenarnya udara ini sudah tidak sehat, tapi panitia menyediakan masker. Kenapa tidak salat dalam masjid saja ya,” kata seorang warga, Abdullah.

Panitia masjid mengumumkan lewat pengeras suara bahwa salat Idul Adha akan dimulai pukul 07.15 WIB. Panitia menyediakan masker medis terutama untuk anak-anak di bawah umur. Panitia juga mengumumkan kalau di tempat itu akan dihadiri Gubernur Syamsuar dan Wabug Edy Natar.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, kualitas udara pagi ini masih berasap dan membuat jarak pandang menurun. “Jarak pandang di Pekanbaru pagi ini cukup buruk, hanya dua kilometer,” kata Staf Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami.

Kondisi berasap juga terpantau di Kota Dumai dengan jarak pandang 2 kilometer dan Kabupaten Pelalawan 3 kilometer.

Sanya mengemukakan kualitas udara kini status sedang akibat tercemar asap atau jerebu. Informasi konsentrasi partikulat (PM10) yang terkandung di udara pada sekitar pukul 06.30 WIB lebih dari 110 mikrogram per meter kubik. “PM10 tercatat di angka 110, kualitas udara sedang,” ujarnya.

Satelit pagi ini pukul 06.00 WIB memantau delapan titik panas di Riau. Dari jumlah tersebut ada enam titik yang terindikasi kuat merupakan titik api karhutla. “Seluruhnya berada di Kabupaten Indragiri Hulu,” katanya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus