Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Melalui DMIJ, Pembangunan Desa Sungai Dusun Inhil Kini Maju Pesat

Minggu, 25 Desember 2016

Salah satu hasil pembangunan dengan dana desa Sungai Dusun. (Foto:Istimewa)

TEMBILAHAN-Sejak pemerintah memberikan dukungan penuh, pembangunan desa-desa mengalami kemajuan pesat. Begitu pula di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Inhil, pembangunan demi pembangunan telah banyak yang dilakukan pemerintah desanya menggunakan anggaran bantuan tersebut.
 
Pjs Kepala Desa Sungai Dusun, Edi Sasmita menyebutkan, dari seluruh ruas jalan yang ada di desanya kini hanya tinggal sekitar 1 kilometer saja yang masih dalam keadaan belum layak. Tapi menurutnya, tahun depan seluruh jalan tersebut berkemungkinan dapat diselesaikan berkat dukungan dana yang besar itu.

"Insha Allah tahun depan akan kita kerjakan. Dengan dana yang kita miliki saat ini, mulai dari bantuan Pemkab Inhil melalui Program DMIJ-nya ditambah pula dengan bantuan Pemerintah Pusat, kami berkeyakinan sisa tersebut dapat kami selesaikan tahun depan itu," ucap Edi mantap kepada wartawan, kemarin.

Begitu pula dengan jembatan penghubung di beberapa parit yang ada disana. Diungkapkan Edi, kini hanya tinggal satu jembatan saja yang masih belum permanen sehingga direncanakan pula tahun depan akan dibangun dengan beton. "Tahun ini kita sudah bangun empat jembatan. Berarti tinggal satu saja lagi yang tersisa. Ini pun kita rencanakan akan dibangun tahun depan," katanya.

Segala pembangunan yang sudah dilaksanakan tersebut, tak dipungkiri Edi telah membantu masyarakat desanya. Seperti jembatan, terangnya, dulunya hampir setiap tahun harus diperbaiki seperti penggantian lantainya yang lapuk karena terbuat dari kayu.

"Kalau dulu memang harus begitu. Kita beberapa kali harus bergotongroyong bersama masyarakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan jembatan tersebut. Maklumlah, jembatan-jembatan tersebut sudah tua, jadi banyak kayunya yang sudah lapuk," ujarnya.

Untuk itulah, menurut Edi, seluruh masyarakat serta unsur pemerintahan di desa berharap agar bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah seperti saat ini dapat terus berjalan. Dengan begitu, sambungnya, tentu berbagai ketertinggalan pembangunan desa dapat terus dikejar hingga maju sejajar dengan tempat-tempat lainnya di Indonesia.

"Kita sangat berterimakasih dengan bantuan yang telah diberikan pemerintah saat ini. Tapi untuk itu kami juga berharap agar bantuan-bantuan seperti ini dapat terus berjalan. Sehingga kami dapat pula menjadi desa yang maju sebagaimana tempat lain di Indonesia ini," kata Edi. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus