Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Melihat Peluang Agus Harimurti Yudhoyono Sebagai Capres di Pilpres 2019

Minggu, 05 November 2017

Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: dok. The Yudhoyono Institute)

JAKARTA-Direktur SMRC Djayadi Hanan menyebutkan, ada peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi capres 2019 mendatang. AHY bisa menjadi capres dengan sejumlah kondisi dan syarat.

"Bisa saja (AHY nyapres) dengan syarat. Tapi, tergantung pada presidential threshold (PT) atau ambang batas pengajuan calon presiden, tetap ada atau nggak," ujar Djayadi di kantor PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11/2017). 

Seperti diketahui, UU Pemilu menetapkan angka ambang batas capres sebesar 20-25 persen. Syarat ini sedang diuji materi di Mahkamah Konstitusi (MK). Jika gugatan dikabulkan, Djayadi memandang Demokrat dapat memajukan AHY sebagai capres. "Kalau presidential threshold nanti dibatalkan MK, maka Demokrat bisa mengajukan sendiri. Mungkin AHY dimajukan," sebut Djayadi. 

Bila MK tak mengabulkan pembatalan PT 20 persen, Djayadi menilai AHY tetap bisa diusung sebagai capres oleh Demokrat. Namun, itu semua kembali lagi pada langkah dan strategi politik partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Koalisi macam apa diambil oleh Demokrat untuk memajukan calon presiden sendiri, itu juga tergantung pada partai politik yang lain," ujarnya.

"Kalo misalnya Demokrat bergabung dengan Gerindra, misalnya, dengan PKS, itu kan beda konfigurasinya. Dengan kata lain, pada saat sekarang ini masih terlalu banyak kemungkinan sehingga masih terlalu cair yang berpeluang," ujar Djayadi dikutip fokusriau.com dari detikcom. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus