Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Membandingkan Biaya Perawatan New Suzuki Ertiga dengan Mitsubishi Xpander

Jumat, 11 Mei 2018

Ilustrasi. (Foto:CNNIndonesia.com)

JAKARTA-Salah satu alasan konsumen membeli kendaraan pribadi adalah menghitung total biaya kepemilikan (cost of ownership). Bagian tersebut ternata cukup menarik untuk disimak, tentunya dengan harapan bisa menjadi referensi berguna sebelum membeli mobil keluarga keluaran terbaru.

Untuk layanan ini tentu setiap manufaktur menawarkan dengan harga bervariasi. Kali ini akan diulas total biaya kepemilikan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga generasi kedua selama tiga tahun atau 60 ribu kilometer.

Pada Ertiga baru transmisi manual jumlah total perawatan tiga tahun mencapai Rp3,581,1 juta. Dimana rinciannya untuk tahun pertama adalah Rp944,7 ribu, tahun kedua Rp1.229,7 juta dan tahun ketiga sebesar Rp1,406,7 juta. Sementara untuk yang transmisi otomatis, biaya perawatan selama tiga tahun mencapai Rp3,363 juta. 

Biaya itu pun sudah meliputi pergantian oli mesin dan filter oli setiap 10 ribu km atau enam bulan. Lalu busi dan oli transmisi manual setiap 20 ribu km atau satu tahun sekali. Untuk dua tahun sekali atau 40 ribu per km di dalamnya juga terdapat penambahan pergantian oli transmisi matik, minyak rem, coolant radiator dan saringan udara.

Kendati demikian, untuk lima tahun kepemilikan Ertiga baru, Suzuki menggambarkan konsumen mengucurkan dana sebesar Rp7,559,5 juta untuk manual dan transmisi otomatis Rp7,370 juta.

Suzuki pun mengklaim, total biaya kepemilikan Ertiga 2018 selama lima tahun menjadi lebih murah ketimbang generasi sebelumnya. Biaya lima tahunan menyusut, dari Rp63.056.941 menjadi Rp57.807.947. 

Jumlah itu dikalkulasi dan di dalamnya sudah termasuk biaya penggatian suku cadang serta pemakaian bahan bakar jenis pertamax Rp8.900 per liter. Sementara untuk biaya tiga tahun kepemilikan Xpander dengan asumsi per 50 ribu km, jika ditotal angkanya mencapai Rp4,048 juta. Angka itu kemungkinan dapat bergerak mengikuti harga suku cadang.

Jumlah tersebut dengan rincian di antaranya 10 ribu km pertama, semua biaya suku cadang dan jasa gratis. Lalu di 20 ribu km, sejumlah suku cadang seperti penggantian filter oli, air cleaner, engine flush termasuk oli mesin serta engine oli treatment, konsumen dikenakan biaya sebesar Rp967 ribu.

Selanjutnya pada 30 ribu km terdapat penggantian oli mesin, filter oli, engine flush dan air refresher dengan total biaya mencapai Rp714 ribu.

Lalu pada saat 40 ribu km ada penggantian oli mesin, filter oli, coolant radiator, minyak rem dan lain-lain dengan total biaya mencapai Rp1,743 juta. Kemudian setelah 50 ribu km, biayanya lebih ringan yaitu Rp624 ribu. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia.Com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus