Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Menang Dramatis Atas Swedia, Toni Kroos Buka Peluang Jerman Lolos ke 16 Besar

Minggu, 24 Juni 2018

Marco Reus menyamakan skor 1-1 di awal babak kedua. (Foto:Reuters)

PEKANBARU-Timnas Jerman akhirnya berhasil meraih kemenangan dramatis 2-1 dari Swedia dalam laga yang berlangsung di Stadion Fisht Sochi, Sabtu malam WIB. Gol hasil tendangan bebas cantik Toni Kroos di pengujung babak kedua, membawa Jerman menang 2-1 atas Swedia.

Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, skuat arahan Joachim Loew langsung bangkit di awal-awal babak kedua dengan mencetak gol cepat yang dilesakkan Marco Reus pada menit ke-48. Skor pun sempat berubah menjadi 1-1. Reus mencetak gol menggunakan kaki kiri memanfaatkan umpan dari Mario Gomez dari sisi kiri.

Gol ke gawang Swedia merupakan gol pertama Marco Reus di piala dunia atau gol ke-10 bersama timnas Jerman. Gol itu menjadi yang pertama bagi Reus timnas Jerman setelah lebih dari tiga tahun. Kali terakhir Reus cetak gol untuk Jerman di kualifikasi Piala Eropa 2016 saat melawan Georgia.

Reus nyaris mencetak gol keduanya di laga itu untuk membalikkan keadaan pada menit ke-61. Umpan Joshua Kimmich dari sisi kanan gagal dikonversi Reus menjadi gol. Penyerang Borussia Dortmund itu berniat mencetak gol dengan tumit, namun upayanya itu tidak mengenai bola.

Jerman kembali mengancam gawang Swedia pada menit ke-72. Timo Werner berhasil menusuk ke dalam kotak penalti dari sisi kiri dan melepas umpan. Bola langsung diblok Andreas Granqvist. Bek tengah Swedia itu pun nyaris mencetak gol bunuh diri dengan halauannya tersebut. Beruntung ada kiper Swedia Robin Olson yang langsung mementahkan bola dari pantulan rekannya itu.

Menit ke-76, giliran Emil Forsberg yang mengancam gawang Jerman melalui tendangan dari luar kotak penalti, namun bola masih bisa ditangkap Neuer. Timnas Jerman kembali mendapat peluang emas pada menit ke-81. Tendangan Werner menyambut umpan silang mendatar Joshua Kimmich dari sisi kanan masih melambung di atas gawang Swedia.

Der Panzer harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-83 setelah Jerome Boateng mendapat kartu kuning kedua atau kartu merah karena melakukan pelanggaran keras terhadap Marcus Berg.

Berg memang menjadi pemain yang kerap mengancam pertahanan Jerman dengan umpan-umpan dan kontrol bolanya yang sangat bagus. Baru saja Boateng diusir wasit, Swedia mendapat peluang emas lewat sundulan Andreas Grangvist di dalam kotak penalti menyambut umpan lambung. Tandukannya yang mengarah ke gawang Jerman masih mampu ditepis Neuer.

Der Panzer kembali mendapat peluang emas pada menit ke-88. Sundulan Mario Gomez menyambut umpan silang Toni Kroos masih mampu ditepis kiper Swedia, Olsen. Memasuki dua menit tambahan waktu babak kedua, Jerman nyaris membobol gawang Swedia. Tendangan Julian Brandt membentur tiang kanan gawang Olsen.

Jerman pun mampu meraih kemenangan secara dramatis melalui gol tendangan bebas yang amat cantik dilepaskan Toni Kroos pada lima menit tambahan waktu babak kedua. Berada di kanan kotak penalti, dia mengarahkan tendangannya ke arah tiang jauh dan bersarang ke gawang Olsen. Gol Toni Kroos itu sekaligus menjadi penebus kesalahannya pada babak pertama yang berakibat gawang Jerman kebobolan. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus